MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta sp.) MENGGUNAKAN AIR KELAPA MELALUI METODE PERENDAMAN EMBRIO DENGAN LAMA WAKTU YANG BERBEDA

Mega, Selfiaty (2022) MASKULINISASI IKAN CUPANG (Betta sp.) MENGGUNAKAN AIR KELAPA MELALUI METODE PERENDAMAN EMBRIO DENGAN LAMA WAKTU YANG BERBEDA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI Mega Selfiaty 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (788kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menganalisa lama waktu perendaman terbaik embrio menggunakan air kelapa terhadap maskulinisasi ikan cupang (Betta Sp.). Penelitian ini dilakukan selama 45 hari, terhitung dari tanggal 20 Juni 2021 sampai dengan tanggal 7 Agustus 2021 bertempat di Labrotarium Basah Program Studi Budidaya Perairan, Fakultas Pertanian, Universitas Mataram. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Hewan uji yang digunakan pada penelitian ini yaitu embrio ikan cupang yang berumur 28 jam. Rancangan penelitian yang diterapkan adalah Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan dan tiga kali ulangan, yaitu : P1 (tanpa perendaman / 0 jam), P2 (perendaman 6 jam), P3 (perendaman 12 jam), dan P4 (perendaman selama 18 jam). Embrio ikan cupang direndam dalam air kelapa dengan dosis 10%/L. Pengamatan persentase jantan dilakukan pada saat ikan cupang berumur 45 hari dengan cara mengidentifikasi ciri seksual sekunder. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata jumlah persentase ikan cupang jantan pada perlakuan P1 yaitu 58,34%, P2 dengan hasil 82,40%, P3 sebesar 83, 69% serta P4 yaitu 74,97%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan air kelapa dalam maskulinisasi ikan cupang (Betta sp) menggunakan metode perendaman embrio dengan lama waktu yang berbeda memberikan pengaruh nyata terhadap tingkat persentase ikan cupang jantan, akan tetapi tidak berpengaruh nyata terhadap tingkat kelangsungan hidup ikan cupang. Perlakuan persentase ikan jantan terbaik didapatkan pada perlakuan P3 dengan lama waktu perendaman 12 jam yaitu sebesar 83,69%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : air kelapa, embrio, ikan cupang, maskulinisasi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 04:53
Last Modified: 24 Jan 2022 04:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27369

Actions (login required)

View Item View Item