PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS

EVA, RAHAYU FEBNIANI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN PhET (PHYSICS EDUCATION TECHNOLOGY) TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA SISWA PADA MATERI MOMENTUM DAN IMPULS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Eva Rahayu Febniani (E1Q017019) Fikss.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantuan PhET (Physics Education Technology) terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls SMA. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MIA di MA Plus Nurul Islam Sekarbela Mataram. Sampel dari penelitian ini adalah kelas X (MIA 1) dan (X MIA 2) yang berjumlah 40 siswa dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampel jenuh. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah kelas (X MIA-1) sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 20 siswa dan kelas (X MIA-2) sebagai kelas kontrol yang berjumlah 20 siswa. Sebelum diberi perlakuan kedua sampel diberi tes awal untuk mengetahui kemampuan awalnya. Berdasarkan hasil uji homogenitas tes awal kedua sampel memiliki kemampuan awal yang sama. Hasil tes akhir hasil belajar siswa diperoleh nilai rata-rata kelas eksperimen 69,25 dengan nilai tertinggi 85 dan nilai rata-rata kelas kontrol 55 dengan nilai tertinggi 75. Hipotesis penelitian diuji dengan Uji-t polled varians dengan taraf signifikansi 5%, dan diperoleh hasil thitung = 4.18, sedangkan ttabel = 2.02. Berdasarkan hasil tersebut, berarti thitung lebih besar daripada ttabel , sehinggan H0 ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing berbantuan PhET (Physics Education Technology) berpengaruh terhadap hasil belajar fisika siswa pada materi momentum dan impuls SMA.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Katakunci: inkuiri terbimbing, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:21
Last Modified: 24 Jan 2022 06:21
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27384

Actions (login required)

View Item View Item