HALAMAN JUDUL PEMETAAN PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI GUGUS III KECAMATAN BATUKLIANG TAHUN 2021

SRI, ENDANG HARVIANI NUR (2021) HALAMAN JUDUL PEMETAAN PEMANFAATAN ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI GUGUS III KECAMATAN BATUKLIANG TAHUN 2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI ENDANG HARVIANI NUR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Alat Permainan Edukatif (APE) merupakan salah satu media pendidikan dan pembelajaran yang memiliki arti penting bagi pertumbuhan dan perkembangan anak usia dini, termasuk perkembangan sosial emosional. Adanya pemanfaatan APE juga sangat menunjang untuk tercapainya pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemetaan pemanfaatan APE dalam mengembangkan sosial emosional di Gugus III Kecamatan Batukliang Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian survei. Subjek penelitian ini yaitu seluruh guru yang mengajar di TK/PAUD di gugus III berjumlah 30 guru. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data yang diperoleh, APE yang banyak digunakan atau dimanfaatkan guru untuk stimulasi perkembangan sosial emosional yaitu 15 APE diantaranya balok, playdough, congklak, bakiak, alat main peran, tali/karet, jungkat-jungkit, perosotan, mangkok putar, ayunan, papan titian, tangga majemuk, bola keranjang, maze besar, dan ular tangga dan APE yang dominan digunakan dengan durasi waktu penggunaan 30 menit, digunakan pada kegiatan inti dan dengan keadaan APE yang sangat layak seperti APE balok, playdough dan alat main peran (85%). Pemanfaatan APE maze besar masih jarang digunakan dalam proses pembelajaran (50%). APE yang layak digunakan seperti APE ayunan, perosotan, tali/karet, ular tangga, balok, playdough, congklak dan alat main peran mendapat perolehan persentase 85%. APE seperti ular tangga, tangga majemuk dan jungkat-jungkit tidak layak digunakan karena keadaannya sudah tidak memungkinkan untuk digunakan dalam proses pembelajaran (18%).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: APE, Sosial Emosional
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 24 Jan 2022 06:42
Last Modified: 24 Jan 2022 06:42
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27390

Actions (login required)

View Item View Item