ANALISIS INDEKS KEKERINGAN HIDROLOGI PADA DAS TAREI DAN DAS RONTU DENGAN METODE AMBANG BATAS (THRESHOLD LEVEL METHOD)

SULTAN AULIA P., M. (2022) ANALISIS INDEKS KEKERINGAN HIDROLOGI PADA DAS TAREI DAN DAS RONTU DENGAN METODE AMBANG BATAS (THRESHOLD LEVEL METHOD). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TUGAS AKHIR M. Sultan Aulia P (2).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Kekeringan merupakan salah satu jenis bencana alam yang terjadi secara perlahan, berlangsung lama sampai musim hujan tiba, berdampak sangat luas dan bersifat lintas sektoral (ekonomi, sosial, kesehatan, pendidikan, dll). Di wilayah NTB khususnya di Kabupaten Dompu dan Kota Bima masih sering mengalami kekeringan hampir tiap tahunnya sehingga berdampak pada ketersediaan air bagi masyarakat. Berdasarkan permasalahan tersebut, perlu dilakukan penelitian mengenai analisis indeks kekeringan hidrologi dengan metode ambang batas (threshold level method) untuk mengetahui defisit kering hidrologi, durasi kekeringan hidrologi dan nilai indeks kekeringan hidrologi pada DAS Tarei, dan DAS Rontu sehingga dapat meningkatkan mitigasi kekeringan pada DAS tersebut. Tahapan penelitian ini berupa pengumpulan data, uji homogenitas, dan analisis ambang batas (threshold level method), sehingga didapatkan nilai surplus atau defisit. Nilai surplus dan defisit tersebut kemudian digunakan untuk menentukan defisit kering hidrologi, durasi kekeringan hidrologi dan nilai indeks kekeringan hidrologi pada DAS Tarei, dan DAS Rontu. Berdasarkan hasil analisis menunjukan bahwa defisit maksimum pada DAS Tarei dan DAS Rontu berturut-turut sebesar 1,07 m3/s dan 0,25 m3/s. yang terjadi pada tahun 2015 dan 2020. Dari defisit tersebut didapatkan durasi kekeringan dengan durasi kekeringan terpanjang pada DAS Tarei terjadi pada tahun 2020 dengan durasi kekeringan selama 9 bulan yang menunjukan bahwa kriteria kekeringan berada pada zona 2 dan pada DAS Rontu terjadi pada tahun 2016 dan 2018 dengan durasi kekeringan selama 7 bulan yang menunjukan bahwa kriteria kekeringan berada pada zona 3. Indeks kekeringan hidrologi terparah pada DAS Tarei dan DAS Rontu berturut-turut sebesar - 0,99 dan -1 yang terjadi pada tahun 2015 dan 2020.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ambang batas, debit defisit, durasi, indeks kekeringan hidrologi, DAS Tarei, DAS Rontu.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:30
Last Modified: 25 Jan 2022 05:30
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27397

Actions (login required)

View Item View Item