PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN PONDOK PRASI KELURAHAN BINTARO AMPENAN UTARA KECAMATAN AMPENAN

SITI, MAEMUNAH (2022) PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG KESETARAAN GENDER DALAM PENDIDIKAN DI LINGKUNGAN PONDOK PRASI KELURAHAN BINTARO AMPENAN UTARA KECAMATAN AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SITI MAEMUNAH (E1S016082).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui persepsi masyarakat tentang kesetaraan gender; (2) kesetaraan gender pada aspek akses; (3) kesetaraan gender pada aspek partisipasi; (4) kesetaraan gender pada aspek kontrol; dan (5) kesetaraan gender pada aspek manfaat di Lingkungan Pondok Prasi Kelurahan Bintaro Ampenan Utara Kecamatan Ampenan. Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menemukan: (1) persepsi masyarakat tentang kesetaraan gender yakni pada tahap masyarakat menjelaskan, merincikan, dan mencirikan; (2) kesetaraan gender pada aspek akses dalam pendidikan di Lingkungan Pondok Prasi yaitu kesempatan untuk memperoleh pendidikan yang sama antara anak laki-laki dan perempuan, ketersediaan biaya pendidikan, ketersediaan sarana dan fasilitas pendidikan; (3) kesetaraan gender pada aspek partisipasi dalam pendidikan di Lingkungan Pondok Prasi yaitu anak laki-laki dan perempuan diberikan dukungan penuh dari orangtua terhadap pendidikan, anak perempuan memiliki keinginan untuk setara dengan lakilaki dalam pendidikan, dan perempuan ikutserta dalam menempuh jenjang pendidikan; (4) kesetaraan gender pada aspek kontrol dalam pendidikan di Lingkungan Pondok Prasi yaitu anak laki-laki dan perempuan diberikan keputusan untuk melanjutkan pendidikan, keputusan untuk memilih jurusan sesuai dengan minat dan kemampuan dan keputusan untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam pendidikan; (5) kesetaraan gender pada aspek manfaat dalam pendidikan di Lingkungan Pondok Prasi yaitu manfaat pada aspek akses berupa anak laki-laki dan perempuan diberikan fasilitas, sarana dan prasarana dalam pendidikan yang sama. Kemudian pada aspek partisipasi anak laki-laki dan perempuan ikutserta dalam menempuh jenjang pendidikan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Persepsi Kesetaraan Gender, Akses, Partisipasi, Kontrol, dan Manfaat
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:31
Last Modified: 25 Jan 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27400

Actions (login required)

View Item View Item