ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETANI AREN DI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Rahadi, Muharam Wiratama (2022) ANALISIS PENDAPATAN USAHA PETANI AREN DI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_Rahadi Muharam Wiratama_C1L017081 ..pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem budidaya tanaman aren, ragam produk tanaman aren dan pendapatan petani aren di HKm Wana Lestari Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 37 responden, yang teridir dari petani aren yang sekaligus menjadi pengrajin gula aren. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu sistem budidaya tanaman aren, ragam produk tanaman aren dan pendapatan petani gula aren. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner, dokumentasi, observasi dan wawancara. Analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis deskriptif kualitatifdigunakan untuk mengetahui bagaimana sistem budidaya tanaman aren dan ragam produk tanaman aren sedangkan analisis deskriptif kuantitatif digunakan untuk mencari pendapatan petani aren di HKm Wana Lestari Desa Bukit Tinggi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem budidaya tanaman aren di HKm Wana Lestari Desa Bukit Tinggi masih terbilang alami dalam pengelolaannya. Tanaman aren yang baru tumbuh akan dibairkan bagitu saja tanpa adanya perawatan dan pemeliharaan yang baik dari petani. Hal ini menyebabkan tidak semua tanaman aren yang tumbuh di lahan garap bisa dipanen melainkan ada tanaman juga yang mati. Untuk produk dari tanaman aren, petani hanya mengambil air nira yang ada pada tanaman aren kemudian diolah lebih lanjut menjadi gula aren. Semua petani mendapatkan keuntungan dengan rata-rata pendapatan bersih yang didapat sebesar Rp. 1.524.196 perbulan dan Rp. 18.290.352 pertahun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Analisis Pendapatan, Petani Aren, HKm
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:31
Last Modified: 25 Jan 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27401

Actions (login required)

View Item View Item