KEANEKARAGAMAN JENIS DAN NILAI EKONOMI TUMBUHAN BAWAH TEGAKAN DI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Aliyasita Dwi Mustika, B. (2022) KEANEKARAGAMAN JENIS DAN NILAI EKONOMI TUMBUHAN BAWAH TEGAKAN DI HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Bismillah Skripsi B. Aliyasita Dwi Mustika (SudahRevisi).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keanekaragaman jenis tumbuhan bawah serta nilai ekonomi tumbuhan bawah yang ada di Hutan Kemasyarakatan Wana Lestari di Desa Bukit Tinggi, Kecamatan GunungSari, Lombok Barat. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian deskriptif. Penentuan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jenis non probability sampling. Jumlah sampel yang dipilih dalam penelitian ini yaitu sebanyak 26 orang dari kelompok tani Sari Murni. Pengambilan data dilakukan menggunakan metode observasi lapangan, pembagian kuisioner dan dokumentasi. Penelitian ragam jenis tumbuhan bawah dilakukan dengan metode belt transek dan mengelompokkan tumbuhan bawah menjadi tiga jenis, yaitu tumbuhan bawah kelompok obat, tumbuhan bawah kelompok buah dan tumbuhan bawah kelompok pangan. Hasil penelitian dari kelompok tumbuhan obat kunyit memiliki nilai INPtertinggi sebesar 63%, kelompok tumbuhan buah adalah kopi dengan nilai INP sebesar 178% dan kelompok tumbuhan pangan yaitu Paku memiliki nilai INP sebesar 58%. Indeks Keanekaragaman Jenis Shanonn-Wiener (H’) memiliki 2 kriteria untuk kelompok Tumbuhan obat dan pangan berturut-turut memiliki nilai indeks 1,37 dan 1,36 termasuk kriteria Keanekaragaman Sedang, dan kelompok Tumbuhan Buah memiliki nilai Indeks 0,22 termasuk dalam kriteria Keanekaragaman Rendah. Nilai ekonomi tertinggi yakni dari kelompok Tumbuhan Obat jenis Jahe sebesar Rp. 10.500.000/Tahun dan nilai ekonomi terendah dari kelompok Tumbuhan Buah jenis Nanas sebesar Rp. 840.000/Tahun, Total nilai ekonomi yaitu sebesar RP 58.984.000,-.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Keanekaragaman jenis; Nilai ekonomi; Tumbuhan bawah; Hutan Kemasyarakatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:31
Last Modified: 25 Jan 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27402

Actions (login required)

View Item View Item