PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021

NENI, TIYAS INANGDA (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE TERHADAP HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SDN GUGUS 01 KECAMATAN SAKRA TIMUR TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Cindy Briliana Windasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian eksperimen (Quasi Eksperimen) yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDN Gugus 01 Kecamatan Sakra Timur Pada Pembelajaran IPS tahun Pelajaran 2020/2021. Desain penelitian ini menggunakan Nonequivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SDN Gugus 01 Kecamatan Sakra Timur. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling, sampelnya adalah kelas IV SDN 1 Lepak sebagai kelas eksperimen dan kelas IV SDN 3 Lepak sebagai kelas kontrol. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa observasi dan tes hasil belajar. Data hasil belajar siswa berupa pretest dan posstest. Uji normalitas dilakukan dengan perhitungan data berupa hasil pretest dan posstest diperoleh hasil Asymp. Sig. (2-tailed) kelas kontrol dan kelas eksperimen yang diperoleh > 0,05 yang berarti berdistribusi normal, kemudian setelah data berdistribusi normal dilakukan uji homogenitas yang diperoleh dari hasil perhitungan data yaitu nilai sig Based on Means 0,117 >0,05, sehingga dapat disimpukan bahwa kedua kelompok ekperimen dan kontrol adalah sama atau homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan uji t menggunakan perhitungan data posttest siswa. Berdasarkan data hasil belajar yang dianalisis menggunakan uji-t (t-test) diperoleh thitung sebesar 4,037 sedangkan ttabel sebesar 2.052 pada taraf kepercayaan 5%. Penjelasan tersebut menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel sehingga dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak.Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model Inside Outside Circle terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya di uji effect size dengan perolehan nilai sebesar 1,125 dengan kriteria tinggi karena >1,00 berdasarkan hasil perhitungan nilai effect size Cohen’s d

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci :Model Inside Outside Circle, Hasil Belajar IPS.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:31
Last Modified: 25 Jan 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27406

Actions (login required)

View Item View Item