TINGKAT KETERLIBATAN GENDER TERHADAP PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Cindy, Briliana Windasari (2022) TINGKAT KETERLIBATAN GENDER TERHADAP PENGELOLAAN HUTAN KEMASYARAKATAN WANA LESTARI DESA BUKIT TINGGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Cindy Briliana Windasari.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan tingkat keterlibatan gender dalam pengelolaan HKm Wana Lestari pada aspek kawasan, kelembagaan dan usaha di Dusun Batu Kemali, Desa Bukit Tinggi, Kecamatan Gunungsari, Kabupaten Lombok Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 37 responden yang terdiri dari 19 orang responden laki-laki dan 18 orang responden perempuan. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini yaitu jenis dan tingkat keterlibatan laki-laki dan perempuan dalam pengelolaan HKm Wana Lestari pada aspek kawasan, kelembagaan dan usaha. Metode pengumpulan data antara lain observasi, kuesioner dan wawancara. Analisis deskriptif digunakan untuk menganalisis jenis kegiatan yang melibatkan laki-laki dan perempuan dalam pengelolaan HKm, sedangkan skala likert digunakan untuk menganalisis ingkat keterlibatan laki-laki dan perempuan dalam pengelolaan HKm. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa sebagian besar jenis kegiatan pada aspek tata kelola kawasan, kelembagaan dan usaha inilebih melibatkan peran laki-laki. Sedangkan peran perempuan tidak mencakup semua jenis kegiatan pada aspek tata kelola kawasan, kelembagaan dan usaha. Pada hasil penelitian tingkat keterlibatan, diketahui bahwa tingkat keterlibatan laki-laki pada aspek tata kelola kawasan dan kelembagaan adalah keterlibatan tinggi (KtT) dan pada aspek tata kelola usaha tingkat keterlibatannya adalah cukup terlibat (CT), sedangkan untuk tingkat keterlibatan perempuan dalam aspek tata kelola kawasan dan usaha adalah cukup terlibat (CT) dan pada aspek tata kelola kelembagaan adalah tidak terlibat (TT).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tingkat keterlibatan, Gender, Hutan kemasyarakatan
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:31
Last Modified: 25 Jan 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27409

Actions (login required)

View Item View Item