KESESUAIAN KANDUNGAN MATERI BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII TERBITAN ERLANGGA DENGAN TAHAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS

SRI, HANDAYANI (2021) KESESUAIAN KANDUNGAN MATERI BUKU PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII TERBITAN ERLANGGA DENGAN TAHAPAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SRI HANDAYANI NIM. E1C017082.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan isi kandungan materi buku teks bahasa Indonesia kelas VII terbitan Erlangga. (2) membandingkan kesesuaian materi antara buku teks bahasa Indonesia yang diterbitlan oleh penerbit Erlangga dengan tahapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Subjek pada penelitian ini adalah buku pelajaran bahasa Indonesia yang diterbitkan oleh penerbit Erlangga dan buku tahapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini penulis menemukan : (1) Kelayakan isi buku teks bahasa Indonesia kelas VII untuk SMP/MTS pada aspek kesesuaian materi dengan Kompetensi Dasar mendapat kualifikasi sangat sesuai, semua KD yang ada dalam buku teks sudah terpenuhi. Materi yang termuat dalam buku teks bahasa Indonesia sudah sangat sesuai berdasarkan KD. Selain itu, dalam buku teks juga terdapat materimateri pendukung seperti materi-materi soal dan latihan yang ada sudah baik untuk memenuhi pencapaian KD yang dapat meningkatkan kualifikasi anak, melatih siswa untuk mencari solusi dari permasalahan yang ada. (2) ketidaksesuaian dalam buku teks pada pemberian tugas kepada siswa baik mandiri maupun berkelompok dengan tahapan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks. Kesesuaian buku teks bahasa Indonesia penerbit Erlangga dengan tahapan dalam pembelajaran teks mendapat kualifikasi tidak sesuai , dikarenkan dalam proses penugasaan tidak ada mengenai pengembangan teks baik secara mandiri maupun kerja sama.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Buku teks, pembelajaran berbasis teks.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:31
Last Modified: 25 Jan 2022 05:31
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27414

Actions (login required)

View Item View Item