ANALISIS AKTOR DAN RELASI KUASA DALAM PERMASALAHAN PERAMBAHAN HUTAN DI DESA LEDANG KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN ROPANG KABUPATEN SUMBAWA

BAGUS, KARYO WIDHIASTO (2022) ANALISIS AKTOR DAN RELASI KUASA DALAM PERMASALAHAN PERAMBAHAN HUTAN DI DESA LEDANG KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN ROPANG KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Bagus.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sumber daya hutan beserta kawasannya merupakan anugerah yang sangat luas karena kebermanfaatan yang begitu penting bagi kehidupan manusia.Akibatnya selama berabad-abad, sumberdaya hutan dan kawasannya telah menjadi public domain yang memunculkan adanya perebutan hak atas sumberdaya hutan beserta kawasannya. Salah satu penyebab dari deforestasi di kawasan hutan sejauh ini diduga adanya kondisi para pihak yang sedang berupaya merevitalisasi dan mereposisi perannya dalam pengelolaan sumberdaya hutan. Berdasarkan hal tersebut, dilakukan suatu penelitian terkait aktor untuk mengetahui siapa saja yang berkepentingan dan yang lebih berpengaruh dalam permasalahan perambahan hutan, apa saja faktor-faktor terjadinya perambahan hutan sertabagaimana relasi kuasa antar aktor/stakeholder yang terlibat permasalahan perambahan hutan dalamhutan produksi terbatas di RPH Temutung, KPH Ropang, Desa Ledang, Kecamatan Lenangguar, Kabupaten Sumbawa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Teknik sampling penelitian yaitu Cluster Random Sampling. Penentuan responden menggunakan key informan. Penentuan lokasi penelitian menggunakanmetode purposive sampling. Analisis Data; (1) Analisis Pemetaan Para Pihak, (2) Analisis Faktor-Faktor Terjadinya Perambahan Hutan, (3) Analisis Relasi Kuasa. Hasil penelitian menunjukkan Para pihakyang terlibat perambahan hutan di petakan dalam tiga kuadran yang dikelompokkan: (1) Key Player: Kelompok Tani Hutan, Masyarakat, Balai Kesatuan Pemangku Hutan Ropang, Resort Pemangku Hutan Temutung, (2) Subject: Buruh Tani dan Sawmill, (3) Context setter: Pemerintah Desa, Pemerintah Kecamatan, Tokoh Masyarakat, Lembaga Adat Desa dan PNS/TNI/POLRI, faktor-faktor terjadinya perambahan hutan dalam hutan produksi terbatas di Desa Ledang disebabkan oleh faktor ekonomi, faktor sosial dan budaya,faktor Lemahnya Penjagaan Hutan dan Ringannya Hukum, faktor politik dan kebijakan, faktor Akses Terhadap Hutan, dan faktor ekologi dan para pihak yang memiliki andil terbesar perambahan hutan dalam hutan produksi terbatas di Desa Ledang adalah Masyarakat, Pemerintah Desa memiliki andil terbesar sebagai sentral informasi serta penjembatan aliran kekuasaan perambahan hutan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci; aktor, relasi kuasa, perambahan hutan, analisis stakeholder.
Subjects: S Agriculture > SD Forestry
Divisions: Program Studi Kehutanan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:32
Last Modified: 25 Jan 2022 05:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27418

Actions (login required)

View Item View Item