PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

MAULAWI, MAJID ABDUL AZIZ (2022) PENGARUH PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN GUGUS I KECAMATAN PRAYA BARAT DAYA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MAULAWI MAJID ABDUL AZIZ.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Gugus I Kecamatan Praya Barat Daya. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling sehingga terpilih SDN Inpres Mentokan dan SDN 4 Darek sebagai tempat penelitian. Selanjutnya dilaksanakan penelitian pada semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, dan tes. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar belajar matematika pada kelas eksperimen sebesar 83, sedangkan kelas kontrol adalah 72. Analisis uji t poilled varians diperoleh hasil 2,124 (thitung) > 1,714 (ttabel) pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematikapada siswa kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Praya Barat Daya Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL);hasil belajar matematika.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:32
Last Modified: 25 Jan 2022 05:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27421

Actions (login required)

View Item View Item