KADEK ERINA SUSANTI, NI (2022) ANALISIS TINGKAT PEMAHAMAN KONSEP IPA PADA SISWA KELAS V SDN GUGUS V KECAMATAN CAKRANEGARA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI_NI_KADEK_ERINA_SUSANTI_E1E217119-1.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan menerima, menyerap, serta mengerti suatu materi maupun informasi yang diperoleh melalui serangkaian peristiwa yang dapat dilihat langsung maupun didengar yang disimpan di dalam pikiran yang nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat pemahaman konsep IPA pada siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara Tahun Pelajaran 2021/2022. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tes objektif berupa pilihan ganda dengan empat alternatif jawaban Teknik analisis data yang digunakan adalah penskoran dan perhitungan nilai rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata keseluruhan siswa kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara sebesar 63, masih dalam kategori tingkat rendah apabila dilihat berdasarkan tolak ukur standar kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu 76. Dengan demikian, dapat disimpulkan rendahnya pemahaman konsep siswa disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya kurangnya kebiasaan siswa dalam membaca, guru dalam mengajar masih dominan menggunakan metode ceramah, kurangnya sumber belajar dan kurangnya minat siswa pada muatan pelajaran IPA.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Deskriptif Kuantitatif, Pemahaman Konsep IPA |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 05:32 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 05:32 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27422 |
Actions (login required)
View Item |