PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 3 MATARAM

MILA, CAHYANI (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN PPKn DI SMP NEGERI 3 MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MILA CAHYANI E1B017030 PPKN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui pada mata pelajaran PPKn di SMPN 3 Mataram tentang pelaksanaan pembelajaran daring, selain itu juga bertujuan untuk mengetahui dalam pelaksanaan pembelajaran daring persiapan yang dilakukan oleh guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring serta faktor pendorong dan penghambat, penilaian yang dilakukan guru selama pembelajaran daring beserta dampaknya terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara, obeservasi dan angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bagaimana persiapan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring dengan penyusunan RPP khusus daring yang digunakan dalam pelaksanaan pembelajaran daring pada mata pelajaran PPKn sudah berjalan dengan cukup baik. Selai itu faktor pendukung dalam pembelajaran daring seperti handphone, jaringan internet,kouta internet dan lain-lain yang menjadi satu kesatuan sebagai pendukung dalam pembelajaran daring yang jika salah satu terpenuhi dapat membuat pelaksanaan pembelajaran daring tidak berjalan dengan baik. Sedangkan faktor penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran daring yaitu seperti masih terdapat siswa belum memilki handphone yang digunakan dalam pembelajaran daring beserta sekalipun ada handphone tetapi terkendala dengan dengan tidak memilki kouta internet,sehingga hal tersebut membuat siswa tidak adapat mengikuti pembelajaran darng. Tentu hal ini cukup mempengaruhi hasil belajar siswa dan motivasi dalam belajar.sedangkan bentuk Penilaian guru selama pembelajaran daring yaitu dengan menilai tugas yang telah dikumpulkan siswa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Pembelajaran Daring, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:32
Last Modified: 25 Jan 2022 05:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27427

Actions (login required)

View Item View Item