NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PELAKSANAAN TRADISI NYALAMAQ DILAUQ (Studi di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur)

Dea Gustina Wandari, Bq. (2022) NILAI-NILAI YANG TERKANDUNG DALAM PELAKSANAAN TRADISI NYALAMAQ DILAUQ (Studi di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BQ. DEA GUSTINA WANDARI E1B017012 PPKN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai yang terkandung dalam pelaksanaan tradisi Nyalamaq Dilauq di Desa Tanjung Luar Kecamatan Keruak Kabupaten Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Proses pelaksanaan tradisi Nyalamaq Dilauq terbagi menjadi tiga tahap, yaitu tahap persiapan, tahap pelaksanaan, dan tahap penutup. Tahap persiapan terdiri dari musyawarah serta mempersiapkan alat dan bahan. Tahap pelaksanaan terdiri dari Ngaririq Kerbau (membawa kerbau keliling desa), Malagak Tikolok (membuang kepala kerbau ke laut). Tahap penutup terdiri dari doa dan dzikir bersama di Sarapo (rumah adat) dan siram-siraman. Waktu pelaksanaan tradisi Nyalamaq Dilauq tidak menentu, namun terdapat patokan yang biasa digunakan untuk menentukan waktu pelaksanaan tradisi Nyalamaq Dilauq, yaitu ditandai dengan munculnya Bintang Pupuru atau tanda awal musim tanam bagi petani, sekitar bulan Mei atau Juli. Pihak yang terlibat dalam tradisi Nyalamaq Dilauq adalah semua suku di Desa Tanjung Luar, tokoh adat, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, pemerintah desa, pihak kecamatan, dan pejabat daerah. (2) Nilai-nilai yang terkandung dalam tradisi Nyalamaq Dilauq adalah nilai religius, nilai kekeluargaan, nilai kebersamaan, nilai solidaritas, dan nilai lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nilai-nilai, Tradisi Nyalamaq Dilauq
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:32
Last Modified: 25 Jan 2022 05:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27428

Actions (login required)

View Item View Item