PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA CITA-CITAKU SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SDN 6 CAKRANEGARA

INTAN, YUNIARTI (2022) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL TEMA CITA-CITAKU SUBTEMA AKU DAN CITA-CITAKU KELAS IV SDN 6 CAKRANEGARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI INTAN YUNIARTI (E1E216088).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah penyusunan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal dan untuk mengetahui keefektivan modul pembelajaran berbasis kearifan lokal. Metode penelitian ini R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 6 Cakranegara. Sedangkan objek penelitian ini adalah Pengembangan Modul Berbasis Kearifan Lokal Tema Cita-Citaku Subtema Aku dan Cita-Citaku Untuk Siswa Kelas IV SDN 6 Cakranegara. Hasil penelitian dan pengembangan sebagai berikut: (1) konten dan konteks kearifan lokal masyarakat Lombok yang relevan dengan tema cita-citaku kelas IV meliputi puisi daerah sasak Lombok, lagu daerah masyarakat Lombok, dan cerita rakyat masyarakat Lombok. Bahan ajar yang dikembangkan nanti adalah bahan ajar berupa modul pada tema 6, yaitu cita-citaku subtema 1 pembelajaran 5. (2) Hasil validasi ahli media terhadap modul berbasis kearifan lokal yaitu kualitas modul yang dihasilkan ada pada kategori sangat baik. (3) Hasil validasi materi terhadap modul berbasis kearifan lokal yaitu kualitas modul yang dihasilkan ada pada kategori sangat layak. (4) Tanggapan siswa terhadap modul berbasis kearifan lokal yaitu kualitas modul yang dihasilkan ada pada kategori sangat layak.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Modul Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat Lombok, ADDIE.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:32
Last Modified: 25 Jan 2022 05:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27435

Actions (login required)

View Item View Item