PENGGUNAAN MAJAS SINDIRAN MAHASISWA SAMAWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM

PETI, ARITA LES SUMBAWATI (2022) PENGGUNAAN MAJAS SINDIRAN MAHASISWA SAMAWA PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA FKIP UNIVERSITAS MATARAM. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI PETI ARITA EDIT WORD 2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan majas sindiran (bentuk dan makna) mahasiswa samawa pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram. Data dalam penelitian ini berupa tuturan yang mengandung majas sindiran bahasa Samawa sedangkan sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Samawa yang ada pada Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP Universitas Mataram. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode simak, metode cakap, dan metode introspeksi. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode padan intralingual dan dengan teknik hubung banding. Berdasarkan hasil analisis data, peneliti hanya mengambil tiga (3) jenis majas sindiran yaitu majas ironi, sinisme dan sarkasme. Kalimat yang mengandung majas ironi dalam tuturan mahasiswa samawa yang dianalisis peneliti terdapat 12 (dua belas) buah, kalimat yang mengandung majas sinisme terdapat 7 (tujuh) buah, dan kalimat yang mengandung majas sarkasme terdapat 10 (sepuluh) buah. Sedangkan fungsi majas yang ditemukan oleh peneliti yaitu fungsi Informasi dalam tuturan mahasiswa samawa yang dianalisis peneliti terdapat 11 (sebelas) buah, Fungsi Ekspresif terdapat 17 (tujuh belas) buah dan Fungsi Direktif terdapat 5 (lima) buah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Majas, Majas Sindiran, Mahasiswa Samawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:32
Last Modified: 25 Jan 2022 05:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27438

Actions (login required)

View Item View Item