PENGARUH MEDIA THREE DIMENSIONAL LADDER SNAKE BOX TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS PERSUASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N 1 LOMBOK TIMUR

SAANU, MARYANSYAH (2021) PENGARUH MEDIA THREE DIMENSIONAL LADDER SNAKE BOX TERHADAP HASIL BELAJAR TEKS PERSUASI PESERTA DIDIK KELAS VIII MTS N 1 LOMBOK TIMUR. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SAANU MARYANSYAH (E1C117067) (1)_edited.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh media three dimensional ladder snake box terhadap hasil belajar teks persuasi peserta didik kelas VIII MTs N 1 Lombok Timur. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif deskriptif jenis eksperimen dengan desain Quasi Eksperimental Design pola Nonequivalent Control Group Design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII MTs N 1 Lombok Timur yang terdiri dari kelas VIII A-J dengan jumlah 340 peserta didik. Teknik penggambilan sampel dilakukan dengan menggunakan Simple Random Sampling yaitu kelas VIII C (kelas eksperimen) dan kelas VIII D (kelas kontrol) Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan dokumen. Pengujian persyaratan analisis menggunakan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Data hasil belajar teks persuasi dianalisis menggunakan Independen samples test dengan memanfaatkan Software Statistical Produck and Service Solution (SPSS) sehingga diperoleh nilai thitung > ttabel yaitu sebesar 2,769 > 1,998 dan nilai sig. (2- taile) < 0,05 yaitu 0,007 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis penelitian (Ha) diterima sehingga dapat disimpulkan ‘‘Ada pengaruh media three dimensional ladder snake box terhadap hasil belajar teks persuasi peserta didik kelas VIII MTs N 1 Lombok Timur” dengan persentase 94,12% melebihi persentase yang ditargetkan yaitu sebesar 75%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Media Three Dimensional Ladder Snake Box, Hasil Belajar Teks Persuasi Peserta Didik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 05:32
Last Modified: 25 Jan 2022 05:32
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27440

Actions (login required)

View Item View Item