PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER BERBASIS LOCAL CONTENT ALAT MUSIK TRADISIONAL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI

HISBULLOH, ALS MUSTOFA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN VIDEO DOKUMENTER BERBASIS LOCAL CONTENT ALAT MUSIK TRADISIONAL PADA MATERI GELOMBANG BUNYI. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi Hisbulloh Als Mustofa (E1Q017028).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract

Abstrak Perubahan sistem pembelajaran selama pandemic covid-19 mengharuskan adanya inovasi dalam pembelajaran, salah satunya adalah inovasi dalam pengembangan media pembelajaran video, salah satunya adalah Video dokumenter. Video dokumenter sendiri merupakan salah satu media pembelajaran yang memuat peristiwa dan fenomena kehidupan sehari-hari yang dekat dengan peserta didik. Mengintegrasikan video dokumenter dengan local content alat musik tradisional untuk menjelaskan materi gelombang bunyi dapat sangat membantu peserta didik dalam memahami materi.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dari media pembelajaran video documenter berbasis local content alat musik tradisional pada materi gelombang bunyi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model 4D (Define, Design, Develop, and Disseminate) yang dikembangkan oleh Thiagarajan. Tahapan penelitian dilakukan sampai uji coba terbatas. Produk yang dihasilkan adalah video dokumenter berbasis local content alat musik tradisional yang telah dinilai kelayakannya oleh3 orang dosen ahli Pendidikan fisika dan 3 orang guru praktisi mata pelajaran fisika serta dilakukan uji coba terbatas kepada responden yaitu 15 orang mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Mataram. Instrument penelitian yang digunakan yaitu Silabus, RPP, dan LKPD. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa media pembelajaran video dokumenter layak untuk dilanjutkan menuju tahap uji coba oprasional pada pembelajaran. Berdasarkan dari penilaian oleh validatormemiliki nilai rata-rata 93% dengan kategori sangat layak, sedangkan dari hasil respon mahasiswa terhadap media pembelajaran video dokumenter ini melalui uji coba terbatas didapatkan nilai rata-rata 89% dengan kategori sangat layak. .

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Media Pembelajaran, Video Dokumenter, local content music tradisional, gelombang bunyi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27444

Actions (login required)

View Item View Item