ANALISIS DEBIT ANDALAN MENGGUNAKAN METODE FLOW DURATION CURVE UNTUK PENENTUAN INDEKS KEKERINGAN HIDROLOGI PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI MOYOT

Mita, Inggih Dwinursyah (2022) ANALISIS DEBIT ANDALAN MENGGUNAKAN METODE FLOW DURATION CURVE UNTUK PENENTUAN INDEKS KEKERINGAN HIDROLOGI PADA DAERAH ALIRAN SUNGAI MOYOT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
naskah TA Mita Inggih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

INTISARI Gangguan siklus hidrologi di suatu daerah dapat mengakibatkan banjir dan kekeringan, karena air hujan yang seharusnya meresap ke dalam tanah menjadi limpasan permukaan. DAS Moyot adalah sungai yang berada di wilayah Kabupaten Lombok Timur. Permasalahan yang sering ditemui pada daerah ini, terkait dengan ketersediaan air, baik itu debitnya ataupun dalam hal pendistribusiannya. Untuk mengetahui nilai indeks kekeringan hidrologi suatu daerah maka perlu untuk dilakukan analisis debit andalan. Salah satu metode yang dapat digunakan dengan menggunakan metode Flow Duration Curve. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data debit selama 15 tahun. Debit normal Q50 dan debit andalan Q80 dalam penelitian ini dianalisis menggunakan metode Flow Duration Curve. Adapun Indeks Kekeringan Hidrologi dapat diketahui dari perbandingan defisit terhadap debit andalan Q80. Hasil analisis debit andalan menggunakan metode Flow Duration Curve didapatkan debit normal Q50 sebesar 0,269 m3/s, dan debit andalan Q80 sebesar 0,153 m3/s. IKH selama 15 tahun menunjukkan kekeringan terparah terjadi pada tahun 2010 dengan nilai IKH -0,91. Kekeringan maksimum pada tahun 2010 memiliki periode ulang 14 tahun. Sebagian besar kekeringan yang teridentifikasi memiliki durasi sedang antara 3 sampai 12 bulan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Debit Andalan, Flow Duration Curve, Volume Defisit, Indeks Kekeringan Hidrologi.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27445

Actions (login required)

View Item View Item