PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP IKLAN YANG MENYESATKAN (MISLEADING ADVERTISEMENT) DALAM PERSPEKTIF HUKUM DI INDONESIA

NURRUL, AN NISHA (2021) PERLINDUNGAN HUKUM KONSUMEN TERHADAP IKLAN YANG MENYESATKAN (MISLEADING ADVERTISEMENT) DALAM PERSPEKTIF HUKUM DI INDONESIA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NURRUL AN NISHA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen terkait iklan yang menyesatkan dan bagaimana Tanggung Jawab pemasang iklan yang menyesatkan menurut perspektif hukum di Indonesia. Metode yang digunakan adalah penelitian normatif yang menggunakan pendekatan perundang-undangan (statute approach), pendekatan konseptual (conceptual approach) dan Pendekatan Kasus (Case Approach). Adapun hasil dari penelitian ini adalah dalam Undang-undang No 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen terdapat pada Pasal 9, 10, 12, 13, 17, dalam UUPK tidak dibenarkan bahwa pelaku usaha dengan sadar dan sengaja menayangkan barang/jasa dengan iklan menyesatkan dalam pemenuhan target keuntungan. Mengenai tanggung jawab secara perdata didalam UUPK telah mengatur terkait sanksi tambahan berupa ganti rugi. Tanggung jawab secara pidana juga diatur didalam UUPK sebagaimana yang diatur didalam Pasal 62 ayat (1)(2)(3) dan juga didalam UU ITE pada Pasal 45 ayat (2). Didalam KUHP diatur mengenai sanksi penjara dan pidana denda dalam Pasal 359 dan Pasal 360 ayat (1) dan (2) mengatur sanksi pidana jika mengakibatkan cacat dan luka berat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Misleading Advertisement, Perlindungan Konsumen, Iklan
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27447

Actions (login required)

View Item View Item