TANGGUNG JAWAB PENGIRIM TERHADAP HILANG ATAU RUSAKNYA BARANG MILIK KONSUMEN

RUSANDI, NILAWAN (2022) TANGGUNG JAWAB PENGIRIM TERHADAP HILANG ATAU RUSAKNYA BARANG MILIK KONSUMEN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_RUSANDI NILAWAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji Bagaimana Pengaturan Tentang Bagaimana tanggung jawab pengirim terhadap barang yang hilang atau rusak milik konsumen dan Upaya hukum apa yang di tempuh oleh konsumen apabila pengirim tidak melaksanakan tanggung jawab atas barang hilang atau rusak, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian normatif, dengan pendekatan Peraturan Perundang-Undangan, Pendekatan Konseptual, dan Pendekatan Kasus. Hasil penelitian menunjukan bahwa Pertama : Ganti rugi barang oleh penyedia jasa pengiriman terhadap barang-barang yang hilang/rusak yaitu mengganti kerugian kepada pemilik barang berupa penggantian maksimum 10 kali biaya pengiriman atau hanya sebagian yang didapat oleh konsumen dari pihak PT. JNT , Kedua : Dalam melaksanakan kewajibannya perusahaan jasa pengangkutan barang harus melaksanakan tugasnya sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Apabila terjadinya pelanggaran dalam melaksanakan kewajibannya yang dapat merugikan pihak pengguna jasa, maka pihak pengangkut harus mempertanggung jawabkan perbuatannya tersebut dengan mengganti segala kerugian yang diderita oleh pihak pengguna jasa

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Key : Pengirim, merugikan, konsumen, tanggung jawab
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Fakultas Hukum
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:24
Last Modified: 25 Jan 2022 07:24
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27450

Actions (login required)

View Item View Item