PERSEPSI GURU SMP NEGERI 1 AMBALAWI TERHADAP KUALITAS BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KURIKULUM 2013 KELAS VII TERBITAN PEMERINTAH

Syarif, Hidayatullah (2021) PERSEPSI GURU SMP NEGERI 1 AMBALAWI TERHADAP KUALITAS BUKU TEKS PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN KURIKULUM 2013 KELAS VII TERBITAN PEMERINTAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI SYARIF HIDAYATULLAH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan utama yang dikaji pada penelitian ini adalah Persepsi Guru Terhadap kualitas buku teks Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan kurikulum 2013 untuk SMP/MTs kelas VII terbitan Pemerintah. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kualitas Buku TeksPendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (BTPKn) kelas VII terbitan Kemendikbud, Mengingat penelitian ini adalah wawancara, maka metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode wawancara,catat. Kemudian dilanjutkan dengan metode dokumentasi. Kriteria yang dinilai adalah berdasarkan ketentuan dari BSNP, yaitu dilihat dari kualitas isi, bahasa, penyajian, dan tampilan atau kegrafikan. Berdasarkan hasil wawancara, dapat diketahui beberapa hal: Pertama dari segi isi pada komponen kesesuaian materi dengan KD BTPKn terbitan Kemendikbud dapat dikatakan memiliki kualitas yang lengkap Perolehan untuk kualifikasi lengkap sebanyak 24 KD dengan persentase 100%. BTPKn tersebut dilihat dari kualitas bahasanya dapat dikategori tepat. Ketiga, dari segi kualitas penyajiannya, aspek yang dinilai adalah; petama pembangkit motivasi belajar siswa, kedua BTPKn tersebut mendapat status menarik; kedua ada tidaknya soal latihan di setiap akhir bab mendapat status baik; ketiga glosarium dan indeks, BTPKn terbitan Kemedikbud mendapat status lengkap, Ketiga, dilihat dari segi kualitas tampilan/kegrafikan. Aspek pertama yang dinilai adalah ukuran buku, kedua BTPKn tersebut mendapat status tepat. Aspek kedua adalah ukuran, jenis, dan format huruf, BTPKn terbitan Kemendikbud mendapat status tepat, dar persepsi guru yang peneliti lakukanberdasarkan kualitas isi, bahasa, penyajian, dan tampilan/kegrafikan. Disimpulkan bahwa BTPKn terbitan Pemerintah (Kemendikbud) berkualitas.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Buku teks, isi, bahasa, penyajian, tampilan/kegrafikan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:25
Last Modified: 25 Jan 2022 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27458

Actions (login required)

View Item View Item