SRI, DIANA (2022) PROBLEM BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SDN 3 BATUJAI TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.
Text
SKRIPSI SRI DIANA JADI.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis dan penyebab problem belajar bahasa Indonesia siswa kelas V SDN 3 Batujai tahun ajaran 20212022. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Instrument penelitian yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Jenis wawancara yang digunakan adalah wawancara semi terstruktur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problem belajar baha Indonesia yang di alami oleh siswa pada aspek keterampilan membaca yaitu; pada indikator (1) siswa kurang memperhatikan tanda baca dengan rata-rata persentase sebesar 25%, (2) siswa mampu merangkum isi bacaan dengan rata-rata persentase sebesar 50%, (3) siswa bisa menyimpulkan isi bacaan dengan rata-rata persentase sebesar 33%, dan (4) siswa mampu memahami makna bacaan dengan rata-rata persentase 50%. Sedangkan pada aspek keterampilan menulis yaitu; pada indikator (1) siswa kurang memperhatiakan tanda baca dengan rata-rata persentase sebesar 25%, (2) siswa selalu memperhatikan kalimat paragrapf dengan rata-rata persentase sebesar 58%, dan (4) siswa bisa memahami makna yang ditulis dengan rata-rata persentase sebesar 67%. Faktor-faktor penyebab siswa mengalami problem belajar bahasa Indonesia, terbagi menjadi dua faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal terdiri dari, intelegensi yang menyebabkan siswa mengalami problem belajar bahasa Indonesia dengan jumlah rata-rata persentase sebesar 75%. Selajutnya pada faktor sikap denga rata-rata persentase sebesar 50%. Selanjutnya pada minat dengan jumlah persentase yang paling tertinggi dengan rata-rata persentase sebesar 75%. Dan Selanjutnya pada motivasi dengan jumlah persentase yang paling tertinggi dengan rata-rata persentase sebesar 50%. Sedangkan pada faktor ekternal, terdiri dari faktor lingkungan keluarga yeng menyebabkan siswa mengalami problem belajar bahasa Indonesia dengan jumlah persentase yang paling tertingga dengan rata-rata persentase yaitu 58,33%. Selanjutnya faktor lingkungan kekolah yeng menyebabkan siswa mengalami problem belajar bahasa Indonesia dengan jumlah persentase yang paling tertingga dengan rata-rata persentase yaitu 58,33%. Dan selanjutnya faktor lingkungan masyarakat yeng menyebabkan siswa mengalami problem belajar bahasa Indonesia dengan jumlah rata-rata persentase yaitu 50%
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Keywords (Kata Kunci): | Kata Kunci: Problem belajar, faktor-faktor problem belajar , Bahasa Indonesia |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Rini Trisnawati |
Date Deposited: | 25 Jan 2022 07:25 |
Last Modified: | 25 Jan 2022 07:25 |
URI: | http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27459 |
Actions (login required)
View Item |