KARAKTERISTIK SIFAT FISIKA DAN KIMIA TANAH BERDASARKAN TIPE PENGELOLAAN LAHAN PADA HUTAN PRODUKSI DI DESA BANYU URIP LOMBOK TENGAH

Epy, Liana (2022) KARAKTERISTIK SIFAT FISIKA DAN KIMIA TANAH BERDASARKAN TIPE PENGELOLAAN LAHAN PADA HUTAN PRODUKSI DI DESA BANYU URIP LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
EPY LIANA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Hutan merupakan sumber daya alam yang banyak memberikan manfaat bagi makhluk hidup. Kerusakan hutan yang terjadi baik secara alamiah maupun akibat dari manusia dapat berpengaruh terhadap penurunan kualitas lahan, termasuk sifat fisika dan kimia tanah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sifat fisika dan kimia tanah berdasarkan tipe pengelolaan lahan pada hutan produksi di Desa Banyu Urip Lombok Tengah dengan menggunakan metode deskriptif. Penentuan titik pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling. Jumlah titik pengambilan sampel sebanyak 22 yang terbagi menjadi dua tipe lahan yaitu lahan tertutup (didominasi oleh tanaman MPTS dan tanaman berkayu) dan lahan terbuka (didominasi oleh tanaman semusim). Jumlah titik sampel pada masing-masing tipe lahan ditetapkan secara proposional. Pengambilan sampel tanah dilakukan dengan 2 kedalaman yaitu 0-10 cm dan 10-20 cm. Sampel tanah yang diambil ada tanah terganggu dan tanah tidak terganggu dengan variabel sifat fisika (tekstur, bulk density, porositas dan warna)dan kimia tanah (C-organik). Hasil penelitian sifat fisika tanah menunjukkan tekstur tanah pada kedua tipe lahan didominasi oleh lempung berdebu. Nilai rata-rata porositas berturut-turut pada lahan terbuka yaitu 49,33% dan lahan tertutup yaitu 49,48% (kategori kurang baik). Nilai ratarata bulk density pada lahan tertutup sebesar 1,39 g/cm3 dan lahan terbuka sebesar 1,35 g/ (kategori tinggi). Warna tanah kedua tipe lahan didominasi oleh warna dark brown. Nilai ratarata C-organik tanah yaitu 1,80% pada lahan tertutup, dan 1,72% pada lahan terbuka (kategori rendah).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Tanah, sifat Fisika dan Kimia, Tipe Pengelolaan Lahan, Hutan Produksi
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 07:25
Last Modified: 25 Jan 2022 07:25
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27461

Actions (login required)

View Item View Item