KERAGAMAN JENIS VEGETASI BERDASARKAN TIPE PENGELOLAAN LAHAN PADA HUTAN PRODUKSI DI DESA BANYU URIP KABUPATEN LOMBOK TENGAH

Ulandari, Handayani (2022) KERAGAMAN JENIS VEGETASI BERDASARKAN TIPE PENGELOLAAN LAHAN PADA HUTAN PRODUKSI DI DESA BANYU URIP KABUPATEN LOMBOK TENGAH. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
ULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Keanekaragaman vegetasi pada suatu kawasan hutan relatif berbeda-beda tergantung pada faktor iklim, status kawasan hutan dan juga aktivitas manusia dalam rangka memenuhi kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keragaman vegetasi berdasarkan tipe pengelolaan di hutan produksi di Desa Banyu Urip Kabupaten Lombok Tengah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara stratified random sampling. Jumlah titik sampel sebanyak 22 titik, yaitu 15 titik pada lahan tertutup (didominasi tanaman MPTS dan tanaman berkayu) dan 7 titik pada lahan terbuka (didominasi tanaman semusim). Pengumpulan data vegetasi meliputi tingkat pohon, tiang, pancang dan semai dilakukan dengan pembuatan plot berukuran 20 m x 20 m (pohon) dan sub plot berukuran 10 m x 10m (tiang), 5 m x 5 m (pancang), dan 2 m x 2 m (semai). Parameter yang diamati adalah jenis tumbuhan, diameter, tinggi bebas cabang dan tinggi total. Analisis data meliputi Indeks Nilai Penting (INP) dan Indeks Keanekaragaman Shannon-Wiener. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total jenis vegetasi pada seluruh plot sebanyak 15 jenis vegetasi, dimana pada lahan tertutup ditemukan 12 jenis sedangkan pada lahan lahan terbuka ditemukan 8 jenis. Pada lahan tertutup, INP tertinggi untuk tingkat semai, tiang dan pohon terdapat pada jenis mahoni (Swietenia mahagoni). Sementara untuk tingkat pancang yaitu jati (Tectona grandis). Pada lahan terbuka, INP tertinggi untuk tingkat tiang dan pohon terdapat pada jenis mahoni (Swietenia mahagoni), sementara untuk tingkat semai dan pancang tidak ditemukan vegetasi. Indeks Keanekaragaman Shannon-Wiener pada lahan tertutup untuk tingkat pancang, tiang, dan pohon masuk dalam kategori keanekaragaman sedang, sementara untuk tingkat semai indeks keanekaragaman masuk dalam kategori rendah. Pada lahan terbuka indeks keanekaragaman untuk tingkat tiang dan pohon masuk dalam kategori sedang, sementara untuk tingkat semai dan pancang H’ = 0 (tidak ditemukan vegetasi).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Keragaman Jenis Vegetasi, Indeks Nilai Penting, Indeks Keanekaragaman Jenis
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 25 Jan 2022 23:48
Last Modified: 25 Jan 2022 23:48
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27464

Actions (login required)

View Item View Item