PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS CARD MATCH CIRCLE UNTUK KELAS IV SDN 36 AMPENAN

WINDA, JUNIARTI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN IPS CARD MATCH CIRCLE UNTUK KELAS IV SDN 36 AMPENAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran Card Match Circle yang layak digunakan dalam pembelajaran IPS kelas IV di SD, mengetahui cara penggunaan media dalam pembelajaran IPS dan mengetahui apakah media Card Match Circle efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS. Metode penelitian ini R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis,Design,Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, pada tahap analysis yaitu melakukan identifikasi kebutuhan berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran. Tahap design yaitu merancang desain dari segi bentuk dan ukuran media yang akan dikembangkan. Development yaitu tahap pembuatan produk yaitu melakukan uji coba produk oleh ahli media sebesar 4,81 dengan kategori sangat baik, sedangkan dari ahli materi sebesar 4,25 dengan kategori sangat baik. Pada tahap implementation yaitu melakukan uji coba pada kelompok kecil dan diperoleh hasil rerata sebesar 4,53 sehingga termasuk dalam kategori sangat baik. Tahap terakhir yaitu evaluation yaitu melakukan evaluasi media pembelajaran yang di kembangkan. Cara penggunaan media Card Match Circle dalam pembelajaran IPS yaitu media di mainkan oleh 2 kelompok, setiap kelompok menunjuk perwakilan sebagai pion, kelompok yang bermain harus memutar spin sebagai penentu langkah dalam karpet circle, pion harus melangkah sesuai dengan spin yang sudah diputar, pion harus mengambil pertanyaan yang ada di karpet circle dan membacanya, kemudian kelompok berdiskusi untuk menjawab pertanyaan dengan diberi waktu 2 menit, pemenang ditentukan dari kelompok yang berhasil mengumpulkan banyak kartu. Keefektifan/kelayakan media Card Match Circle pada pembelajaran ips efektif/layak digunakan. Hal ini berdasarkan hasil belajar siswa yaitu dari 6 orang siswa mengalami peningatan hasil belajar. Dengan jumlah 4 orang siswa mendapatkan nilai 100 dan 2 orang siswa mendapatkan nilai 90. Untuk itu media pembelajaran Card match Circle yang dikembangkan cukup efektif/layak diterapkan saat pembelajaran.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Media pembelajaran, Mata Pelajaran IPS, Card Match Circle.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:22
Last Modified: 26 Jan 2022 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27467

Actions (login required)

View Item View Item