PPERSEPSI SISWA TENTANG PENDIDIKAN LANJUTAN KE PERGURUAN TINGGI ( Studi Di SMAN 1 Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat)

BUDIANTO, BUDIANTO (2022) PPERSEPSI SISWA TENTANG PENDIDIKAN LANJUTAN KE PERGURUAN TINGGI ( Studi Di SMAN 1 Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat). S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI BUDIANTO.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini, adalah untuk mengetahui persepsi siswa SMAN 1 Sekongkang Kabupanten Sumbawa Barat tentang pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi dan untuk mengetahui Faktor-Faktor apa saja penyebabpersepsi siswa SMAN 1 Sekongkang Kabupanten Sumbawa Barat tentang pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi. Penelitian ini, menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian desktiptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner (angket), wawancara dan Dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik Analisi Persentase dan teknik analisis Miles and Huberman.Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi siswa SMAN 1 Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat tentang pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi sudah cukup bagus dimana siswa sudah mengetahui berbagai manfaat yang dapatkan dan dirasakan oleh siswa ketika melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi, dapat dilihat bahwa persepsi siswa tentang manfaat pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi memiliki persentase (57,14%) artinya bahwa siswa memiliki persepsi yang baik tentang melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Namun begitu Persepsi siswa terhadap biaya pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi memang kurang baik dapat dilihat pada hasil kuesionerdimana persentase siswa (45,45 %) hal ini menunjukan bahwa biaya memang menjadi sesuatu yang paling di perhatikan oleh siswa dimana biaya yang begitu mahal akan mengakibatkan persepsi yang kurang baik bagi siswa. Meskipun begitu jika di lihat dari keseluruhannya, persepsi siswa untuk berkuliah memang sudah cukup besar artinya siswa memiliki persepsi yang baik dalam pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi, sedangkan faktor-faktor apa saja penyebab persepsi siswa SMAN 1 Sekongkang Kabupaten Sumbawa Barat tentang pendidikan lanjutan ke perguruan tinggi sebagai berikut: a. faktor penyebab persepsi siswa melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi meliputi 1) minat siswa ke perguruan tinggi, 2) sikap siswa ke perguruan tinggi, 3) motivasi diri siswa ke perguruan tinggi, 4) informasi tentang perguruan tinggi. b faktor penyebap

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Persepsi siswa, Faktor penyebab, Perguruan Tinggi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:22
Last Modified: 26 Jan 2022 03:22
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27468

Actions (login required)

View Item View Item