UJI KANDUNGAN MERKURI (Hg) PADA MUJAIR (Oreochromis mossambicus) YANG BERASAL DARI TAMAN WISATA ALAM (TWA) DANAU RAWA TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT

HADIATULLAH, HADIATULLAH (2022) UJI KANDUNGAN MERKURI (Hg) PADA MUJAIR (Oreochromis mossambicus) YANG BERASAL DARI TAMAN WISATA ALAM (TWA) DANAU RAWA TALIWANG KABUPATEN SUMBAWA BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
HADIATULLAH_E1A017028_SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Taman Wisata Alam (TWA) Danau Rawa Taliwang merupakan perairan air tawar yang terletak di Kabupaten Sumbawa Barat dengan luas 819,20 ha. TWA Danau Rawa Taliwang didominasi oleh berbagai jenis ikan, sehingga masyarakat sekitar menangkap ikan di danau ini untuk memenuhi kebutuhan konsumsi dan untuk dijual. Selain itu, lahan Daerah Tangkapan Air (DTA) danau ini juga menyimpan potensi pertambangan, khususnya emas. Penambangan emas skala kecil, banyak ditemukan di pegunungan dan perbukitan sekitar DTA TWA Danau Rawa Taliwang. Penambangan ini menggunakan cairan merkuri sebagai pengikat emas dari bijih. Beberapa limbah yang mengandung merkuri berakhir di perairan danau sehingga dapat mencemari ekosistem danau. Oleh karena itu, diperlukan penelitian untuk mengetahui jumlah kandungan merkuri (Hg) pada Mujair (Oreochromis mossambicus) yang berasal dari perairan TWA Danau Rawa Taliwang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Pada penelitian ini pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling pada 3 titik lokasi dengan 3 kali pengulangan. Sampel penelitian menggunakan 9 ekor ikan Mujair. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode Atomic Absorption Spectrophotometry (AAS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kandungan merkuri pada ikan mujair sebesar < 0,001 ppm. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pada daging ikan mujair tidak terdeteksi adanya logam berat merkuri (Hg).

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Ikan Mujair, Merkuri, TWA Danau Rawa Taliwang
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:23
Last Modified: 26 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27473

Actions (login required)

View Item View Item