KARAKTERISTIK COLD PAVING HOT MIX ASBUTON (CPHMA) BERDASARKAN LAMA PEMERAMAN DENGAN METODE MARSHALL Characteristics of Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) Based on Time Curing with The Marshall Method

LARAS, DEWI ASTAWATI (2022) KARAKTERISTIK COLD PAVING HOT MIX ASBUTON (CPHMA) BERDASARKAN LAMA PEMERAMAN DENGAN METODE MARSHALL Characteristics of Cold Paving Hot Mix Asbuton (CPHMA) Based on Time Curing with The Marshall Method. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI-Laras Dewi Astawati (F1A016083).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Indonesia adalah negara yang kaya akan sumber daya alam. Salah satu kekayan alam asli Indonesia adalah aspal alam yang biasa disebut asbuton dan terdapat di Pulau Buton, Sulawesi Tenggara. Asbuton adalah campuran bitumen dengan mineral lainnya yang dapat digunakan sebagai pengganti aspal minyak. Deposit aspal alam yang tersimpan di Pulau Buton diestimasi berjumlah 650 juta ton, jika dimanfaatkan secara optimal maka deposit ini mampu mencukupi kebutuhan aspal 1-1,2 juta ton pertahun. Namun, kendala yang dihadapi pada perkerasan menggunakan asbuton adalah kualitas yang dihasilkan belum bisa bersaing jika dibandingkan dengan menggunakan aspal minyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama pemeraman campuran Cold Paving Hotmix Asbuton (CPHMA) terhadap karakteristik volumetrik dan mekanik menggunakan asbuton butir B 5/20 dengan persentase 25% dan variasi lama pemeraman 0 hari, 4 hari, 8 hari dan 12 hari. Hasil analisis secara keseluruhan terhadap sifat campuran dapat disimpulkan bahwa semakin lama waktu pemeraman maka bitumen pada asbuton makin lunak. Namun, campuran ini tidak dapat digunakan sebagai lapis perkerasan dikarenakan nilai VIM, VFB dan Marshall Quotient belum memenuhi spesifikasi yang disyaratkan Bina Marga.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Asbuton, CPHMA, Karakteristik Marshall, Pemeraman campuran.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:23
Last Modified: 26 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27476

Actions (login required)

View Item View Item