PENGUJIAN SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE SORGUM (Sorghum bicolor L.) DI KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA

SARBINI, SARBINI (2022) PENGUJIAN SIFAT KUALITATIF DAN KUANTITATIF BEBERAPA GENOTIPE SORGUM (Sorghum bicolor L.) DI KECAMATAN GANGGA KABUPATEN LOMBOK UTARA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_SARBINI_C1M017115.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat unggul yang dimiliki oleh masing-masing genotipe sorgum. Penelitian ini dilaksanakan di lahan sawah Desa Gondang Kecamatan Gangga Kabupaten Lombok Utara pada bulan Oktober 2020 –Januari 2021. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acak kelompok (RAK) yang terdiri dari 7 perlakuan yaitu genotipe Latu Kala, Superagritan, Gando Keta, Unggul Pahat, Lokal Lombok Timur, Galur Mutan 6 dan Galur Mutan 9. Hasil penelitian menunjukan sifat kualitatif warna tulang tengah daun menunjukkan bahwa terdapat perbedaan warna tulang tengah daun yang didominasi dengan warna putih. Karakter kualitatif bentuk biji, rata-rata memiliki bentuk biji tunggal. Karakterisik warna biji, warna sekam, tipe malai, dan tipe sekam menunjukan adanya perbedaan pada beberapa varietas yang ada. Sedangkan sifat kuantitatif sebagian besar berbeda nyata, seperti panjang batang, panjang daun, jumlah ruas per tanaman, panjang malai, umur berbunga, umur panen, jumlah biji per malai, bobot biji per malai, dan bobot 1000 biji. Karakter-karakter yang tidak berbeda nyata perubahan karakteristik yaitu jumlah daun dan lebar daun.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : Sifat kualitatif, Sifat kuantitatif, Genotipe
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:23
Last Modified: 26 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27477

Actions (login required)

View Item View Item