ANALISIS RISIKO PERGERAKAN ARMADA ANTAR PULAU PADA AKTIVITAS TRANSPOR PRIMER (LONG HAUL OPERATIONS) DISTRIBUSI BARANG PT.X

IDA, WAYAN WIDYADNYANA EKA PUTRA (2022) ANALISIS RISIKO PERGERAKAN ARMADA ANTAR PULAU PADA AKTIVITAS TRANSPOR PRIMER (LONG HAUL OPERATIONS) DISTRIBUSI BARANG PT.X. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Naskah TA - F1A014063 - Ida Wayan Widyadnyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Pada perusahaan jasa pengiriman barang, risiko yang mengancam armada barang selama distribusi akan berdampak serius terhadap perusahan sehingga, perlu pengendalian risiko berdasarkan hasil analisis. Pergerakan armada tersebut akan melalui rute jalan yang dikelompokkan berdasarkan fungsinya, yaitu sebagian besar rute pada jalan arteri dan kolektor dengan karakteristiknya masing-masing yang menimbulkan perbedaan besaran risikonya. Dengan metode HIRARC (Hazard Identification, Risk Assessment dan Risk Control), dilakukan penelitian pada PT.X dengan zona distribusi barang Pulau Lombok dan Sumbawa. Terdapat 315 pengemudi kendaraan barang sebagai populasi dan 32 responden atau 10% populasi sebagai sampel dengan metode purposive sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada sampel dan 16 responden perusahaan lain, yaitu dari PT.Y sebagai data pembanding. Didapat 50 item risiko berdasarkan faktor kondisi jalan, lingkungan dan cuaca, kendaraan serta kondisi dan perilaku pengemudi terdiri dari 29 risiko tergolong low dan 21 risiko prioritas dengan tingkatan extreme, high dan moderate. Dari penilaian risiko, jalan kolektor lebih berisiko 30,35% dibandingkan jalan arteri. Mitigasi yang dapat dilakukan pada risiko prioritas berupa rute alternatif, pelatihan kemampuan pengemudi, pengalihan kerugian kepada pihak ketiga, pengecekan dan perawatan kendaraan berkala, serta penegakkan SOP.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : analisis risiko, distribusi barang, jalan, transpor primer, HIRARC.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 03:23
Last Modified: 26 Jan 2022 03:23
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27482

Actions (login required)

View Item View Item