ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MALUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021

HAIRUN, NUFUS (2022) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERBANDINGAN DITINJAU DARI TINGKAT KEMAMPUAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MALUK TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI HN PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal matematika materi perbandingan ditinjau dari tingkat kemampuan siswa kelas VII SMPN 1 Maluk. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 1 Maluk. Dalam menentukan sampel, digunakan teknik proportionate stratified random sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 20 siswa dan diambil secara acak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil yang diperoleh dari penelitian yakni siswa kemampuan tinggi mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perbandingan sebesar 40,09%. Kesulitan yang dialami meliputi: kesulitan dalam menghitung, kesulitan dalam bahasa matematika, dan mengalami kesulitan dalam persepsi visual. kemampuan sedang mengalami kesulitan kesulitan dalam menyelesaikan soal perbandingan sebesar 70,31%. Kesulitan yang dialami meliputi: kesulitan dalam menghitung, kesulitan dalam mentransfer ilmu pengetahuan, kesulitan dalam bahasa matematika, dan mengalami kesulitan dalam persepsi visual. Siswa kemampuan rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal perbandingan sebesar 84,82%. Kesulitan yang dialami meliputi: kesulitan dalam menghitung, kesulitan dalam mentransfer ilmu pengetahuan, kesulitan dalam bahasa matematika, dan mengalami kesulitan dalam persepsi visual.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Kesulitan Siswa, Menyelesaikan Soal Matematika, Perbandingan
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:34
Last Modified: 26 Jan 2022 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27486

Actions (login required)

View Item View Item