ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Nurhaolida, Nurhaolida (2022) ANALISIS TINGKAT BERPIKIR SISWA BERDASARKAN TEORI VAN HIELE PADA MATERI SEGIEMPAT DAN SEGITIGA DITINJAU DARI GAYA KOGNITIF DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 WANASABA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NURHAOLIDA_SKRIPSI_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan tingkat berpikir siswa berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari gaya kognitif reflektif dan impulsif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Wanasaba. Dalam menentukan sampel digunakan teknik purposive sample. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII H SMP Negeri 1 Wanasaba. Adapun instrumen yang digunakan berupa Matching Familiar Figure Test (MFFT), tes geometri, dan wawancara. Hasil identifikasi jawaban siswa dalam menyelesaikan soal geometri berdasarkan indikator tingkat berpikir Van Hiele. Siswa dengan gaya kognitif reflektif secara umum berada pada tingkat analisis (tingkat 1). Siswa pada tingkat ini sudah mampu mengidentifikasi bentuk bangun segiempat dan segitiga berdasarkan gambar yang dilihatnya secara utuh, mampu menentukan nama-nama suatu bangun segiempat dan segitiga, mampu menentukan sifat-sifat dan kesamaan sifat beberapa bangun datar. Siswa dengan gaya kognitif impulsif secara umum berada pada tingkat visualisasi (tingkat 0). Siswa pada tingkat ini sudah mampu mengidentifikasi bentuk bangun segiempat dan segitiga berdasarkan bentuk yang dilihatnya secara utuh dan mampu menentukan nama-nama suatu bangun datar dengan benar namun belum lengkap.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: gaya kognitif, teori Van Hiele, tingkat berpikir siswa, segiempat, segitiga
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:34
Last Modified: 26 Jan 2022 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27489

Actions (login required)

View Item View Item