ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PRAYA TAHUN AJARAN 2020/2021

BAIQ, RACHMAWATIN RAMADHANA (2022) ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS PADA MATERI BARISAN DAN DERET BERDASARKAN GAYA BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 PRAYA TAHUN AJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI_ Baiq Rachmawatin Ramadhana_E1R117004.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan representasi matematis pada materi barisan dan deret berdasarkan gaya belajar siswa kelas XI SMA Negeri 4 Praya Tahun Ajaran 2020/2021. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan dua kelas sebagai subjek penelitian dengan jumlah siswa masingmasing sebanyak 30 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dengan memberikan soal tes (uraian) untuk mengetahui kemampuan representasi matematis siswa pada materi barisan dan deret, angket untuk mengetahui gaya belajar yang dimiliki oleh siswa, dan wawancara untuk memperkuat data yang diperoleh. Uji validitas yang digunakan pada penelitian ini yaitu uji validitas Aiken yang divalidasi oleh 5 orang ahli. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan angket gaya belajar, soal tes (uraian) yang berjumlah 3 nomor dan wawancara. Hasil penelitian kemampuan representasi matematis siswa bergaya belajar visual memiliki nilai rata-rata sebesar 51,59 berkategori sangat rendah. Nilai rata-rata tersebut diperoleh dari kemampuan representasi visual sebesar 48,81 berkategori sangat rendah, kemampuan representasi simbolik sebesar 57,54 bekategori rendah dan kemampuan representasi verbal sebesar 44,05 berkategori sangat rendah. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis bergaya belajar auditorial sebesar 64,29 berkategori sedang. Nilai ratarata tersebut diperoleh dari kemampuan representasi visual sebesar 61,91 berkategori rendah, kemampuan representasi simbolik sebesar 67,86 berkategori sedang dan kemampuan representasi verbal sebesar 57,14 berkategori rendah. Nilai rata-rata kemampuan representasi matematis bergaya belajar kinestetik sebesar 49,89 berkategori sangat rendah. Nilai rata-rata tersebut diperoleh dari kemampuan representasi visual sebesar 54,33 berkategori sangat rendah, kemampuan representasi simbolik sebesar 59,00 berkategori rendah dan kemampuan representasi verbal sebesar 36,33 berkategori sangat rendah.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Kemampuan, Representasi Matematis, Gaya Belajar, Barisan dan Deret
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:34
Last Modified: 26 Jan 2022 07:34
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27490

Actions (login required)

View Item View Item