ESTIMASI CADANGAN KARBON PADA HUTAN PRODUKSI TERBATAS DI KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN ROPANG DESA LEDANG KABUPATEN SUMBAWA

Dwi, Atmaja (2022) ESTIMASI CADANGAN KARBON PADA HUTAN PRODUKSI TERBATAS DI KESATUAN PENGELOLAAN HUTAN ROPANG DESA LEDANG KABUPATEN SUMBAWA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
Skripsi_Dwi_Atmaja.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Hutan menyimpan karbon (C) tertinggi bila dibandingkan dengan sistem penggunaan lahan (SPL) pertanian, dikarenakan keragaman pohonnya yang tinggi, dengan tumbuhan bawah dan serasah di permukaan tanah yang banyak. Tujuan penelitian ini untuk; (1) mengetahui keragaman jenis tanaman di Desa Ledang KPH Ropang, (2) mengetahui estimasi cadangan karbon di Desa Ledang KPH Ropang, (3) mengetahui cadangan karbon pohon di Desa Ledang KPH Ropang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode deskriptif dengan pendekatan secara kuantitatif digunakan apabila bertujuan untuk mendeskripsikan atau menjelaskan peristiwa atau suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang dalam bentuk angka-angka atau bilangan yang bermakna. Parameter yang diamati dalam penelitian ini meliputi : Nama Tanaman, Tinggi, Diameter setinggi dada (dbh). Desa Ledang KPH Ropang Kabupaten Sumbawa memiliki keragaman jenis tanaman antara lain pohon jati (Tectona grandis), jati putih (Gmelina arborea), jambu monyet (Anacarium occidentale), sonokeling (Dalbergia Latifolia) jambu biji (Psidium guajava ), kapuk randu (Ceiba pentandra), ara (Ficus sansibarica), asam (Tamarindus indica), jeruk nipis (Citrus x aurantiifolia), kemiri (Aleurites moluccanus), ketapang (Terminalia catappa), lamtoro (Leucaena leucocephala), mangga (Mangifera indica), nangka (Artocarpus heterophyllus), rambutan (Nephelium lappaceum), sirsak (Annona muricata), turi (Sesbania glandiflora), waru (Hibiscus tiliaceus). Estimasi cadangan karbon pohon di Desa Ledang KPH Ropang pada tahun 2021 adalah sebesar 17,19 ton/ha, dari 48 plot. Estimasi cadangan karbon tahun 2010 sampai cadangan karbon 2021 adalah 892,86 ton/ha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; karbon (c), keragaman jenis tanaman, cadangan karbon
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:35
Last Modified: 26 Jan 2022 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27496

Actions (login required)

View Item View Item