PERSEPSI MASYARAKAT DAN WISATAWAN DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA AIR TERJUN KELAMBU DI DESA BUKIT TINGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT

Wayan Maika Putri WulanDari, Ni (2022) PERSEPSI MASYARAKAT DAN WISATAWAN DALAM PENGEMBANGAN EKOWISATA AIR TERJUN KELAMBU DI DESA BUKIT TINGI KECAMATAN GUNUNGSARI KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI C1L017074-NI WAYAN MAIKA PUTRI WULANDARI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Ekowisata merupakan sebagian luas dari ekowisata yang mencangkup sector pendukunng kegiatan wisata. Untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengelolaan atau pengembangan ekowisata sehingga memberikan manfaat ekonomi kepada masyarakat dan pemerintah setempat. persepsi masyarakat mempengaruhi pengembangan ekowisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat dan pengunjung sekitar kawasan terhadap pengembangan ekowisata Air Terjun Kelambu dan mengetahui strategi pengembangan ekowisata Air Terjun Kelambu di Desa Bukit Tinggi. Metode yang digunakan observasi, wawancara dan kuisioner. Analisis data yang digunakan analisis kualitatif deskriptif dan Analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi masyarakat terhadap obyek wisata Air Terjun Kelambu secara keseluruhan diperoleh hasil dengan total 140 dengan katagori cukup tinnggi, dimana poinPersepsi Masyarakat dalam Pengembangan Ekowisata Air Terjun Kelambu di Desa Bukit Tinggi Kecamatan Gunungsari Kabupaten Lombok Barat, (Wulandari, dkk) tertinggi padapoin kelima tentang persepsi masyarakat terhadap perlunya sosialisasi terntang wisata untuk meningkatkan sumber daya manusia dengan total skor 23,88. Persepsi wisatawan terhadap pengembangan ekowisata secara keseluruhan di peroleh hasil dengan skor 169 dengan katagori cukup tinggi, dan Strategi dalam mengatasi kelemahan yang dimiliki dan ancaman yang timbul terhadap pengembangan obyek wisata Air Terjun dengan dilakukan dengan beberapa carapromosi atau pemasaran destinasi dan pengawasan bias melalui media social yang sangat berkembang pada zaman seakarang dan berkordinasi kepada pemerintah untuk bekerja sama, dalam pengembangan obyek wisata.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci; Ekowisata, Persepsi Masyarakat Dalam Pengembangan, Air Terjun Kelambu
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 26 Jan 2022 07:35
Last Modified: 26 Jan 2022 07:35
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27501

Actions (login required)

View Item View Item