RANCANG BANGUN APLIKASI TRANSLITERASI AKSARA BALI MENJADI HURUF LATIN MENGGUNAKAN METODE RULE BASED PADA UTF-16 BERBASIS ANDROID

GEDE KETUT SADITHA PUTRA, I (2022) RANCANG BANGUN APLIKASI TRANSLITERASI AKSARA BALI MENJADI HURUF LATIN MENGGUNAKAN METODE RULE BASED PADA UTF-16 BERBASIS ANDROID. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA2 Transliterasi aksara Bali - I Gede Ketut Saditha Putra (F1D016038).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Aksara Bali merupakan aksara yang sudah digunakan oleh suku Bali sejak zaman dahulu, terbukti dengan ditemukannya sebanyak 2.103 lontar kuno yang menggunakan Aksara Bali di Klungkung, Bali. Saat ini, Google sudah memiliki keyboard virtual yang dapat diunduh ke smartphone. Keyboard Google ini sudah memiliki mode Aksara Bali, namun masih belum memiliki fitur yang dapat membaca Aksara Bali tersebut menjadi huruf latin. Dengan menggabungkan kedua permasalahan tersebut, dirancang suatu penelitian tentang pembuatan aplikasi yang dapat melestarikan Aksara Bali dengan cara memanfaatkan fitur keyboard Aksara Bali yang disediakan oleh Google untuk ditransliterasikan menjadi huruf latin. Dalam penelitian ini digunakan metode rule based untuk melakukan transliterasi agar mampu menyesuaikan dengan aturan-aturan pembacaan Aksara Bali dengan benar. Digunakan juga pemberian ID pada setiap karakter Aksara Bali menggunakan heksadesimal berdasarkan kode UTF-16 setiap karakter tersebut. Sebanyak 940 rule dan 33.235 data kata telah diimplementasikan pada aplikasi dengan akurasi hasil transliterasi senilai 99.4% terhadap 1104 data uji yang diambil dari kamus Bali-Indonesia.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Aksara Bali, Transliterasi, rule based, UTF-16, Android.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:53
Last Modified: 27 Jan 2022 03:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27508

Actions (login required)

View Item View Item