ANALISIS KINERJA ALGORITMA WEIGHTED ROUNDROBIN DAN LEAST CONNECTION PADA SKENARIO FAILOVER CLUSTER DENGAN PROXMOX VE UNTUK MENINGKATKAN KETERSEDIAAN WEB SERVER

Siti, Rahmaningrum (2022) ANALISIS KINERJA ALGORITMA WEIGHTED ROUNDROBIN DAN LEAST CONNECTION PADA SKENARIO FAILOVER CLUSTER DENGAN PROXMOX VE UNTUK MENINGKATKAN KETERSEDIAAN WEB SERVER. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
TA Siti Rahmaningrum (F1D015082).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Marketplace adalah salah satu produk bisnis digital yang sering dikunjungi untuk memenuhi kebutuhan pengguna. Dalam beberapa kesempatan sebuah marketplace memiliki penawaran menarik untuk meningkatkan minat belanja pengguna di marketplace tersebut. Banyak pengguna yang tertarik sehingga terjadi pengaksesan marketplace dalam waktu yang bersamaan yang berarti request ke server menjadi overload. Hal ini disebabkan oleh server utama yang aktif sedang penuh dan tidak ada server backup yang menggantikan fungsi server utama sehingga komunikasi antar jaringan terganggu. Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan server clustering, yang merupakan penggabungan beberapa server menjadi satu server sehingga memiliki kinerja yang lebih handal. Algoritma yang digunakan adalah load balancing yang terdiri atas weighted round-robin dan least connection dengan skenario failover cluster. Hasil yang didapatkan dari mengimplementasikan algoritma pada virtual server cluster adalah kinerja web server menjadi lebih baik dibandingkan single server ditunjukkan dengan nilai throughput dan response time. Nilai throughput maksimal yang didapatkan dengan menggunakan load balancing sebesar 0.27 MB/Sec pada Haproxy Least Connection, sedangkan pada single server nilai throughput sebesar 0.187 MB/Sec, nilai response time minimum 0.053 sec pada Haproxy weighted round-robin, sedangkan pada single server nilai response time minimum 6.985 sec. Untuk ketersediaan server pada skenario failover aktif/pasif didapatkan nilai downtime sebesar 91433.33 ms pada weighted round-robin dan downtime sebesar 112200 ms untuk least connection. Pada failover mode aktif/aktif dengan nilai downtime sebesar 100933.3 ms pada weighted round-robin dan downtime sebesar 125333.3 ms pada least connection.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci : Failover, Least connection, Load Balancing, Proxmox VE, Weighted round-robin
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Fakultas Teknik
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:53
Last Modified: 27 Jan 2022 03:53
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27511

Actions (login required)

View Item View Item