EFEKTIVITAS RESOLUSI HANGZHOU DALAM MENGATASI PELANGGARAN PERDAGANGAN ORGAN DI TIONGKOK

Didik, Hartadi Atmajaya (2022) EFEKTIVITAS RESOLUSI HANGZHOU DALAM MENGATASI PELANGGARAN PERDAGANGAN ORGAN DI TIONGKOK. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
didik hartadi atmajaya (L1A016026).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Tulisan ini bertujuan untuk menjelaskan isu perdagangan organ yang melatarbelakangi diajukan dan diterapkannya Resolusi Hangzhou di Tiongkok. Isu perdagangan organ yang terjadi di Tiongkok bermula pada saat Partai Komunis Tiongkok (PKT) mengeluarkan kebijakan yang menggunakan organ dari 3 kontra revolusioner kebijakan ini merupakan salah satu dari beberapa kebijakan pemerintah Tiongkok dalam aktualisasi pembantaian Partai Nasionalis Tiongkok/Kuomintang (KMT) karena mengancam ideologi komunisme di Tiongkok yang sekaligus menjadi awal mula transplantasi organ. Selanjutnya, Tiongkok mengeluarkan serangkaian kebijakan yang melegalkan perdagangan organ akan tetapi pengambilan organ tersebut dilakukan secara paksa dengan kekerasan yang tidak sesuai dengan Principles on Human Cell, Tissue and Organ Transplantation. Melihat pelanggaran HAM yang dilakukan, Tiongkok mendapat sentimen negatif dari masyarakat internasional sehingga Tiongkok mengeluarkan kebijakan bernama Resolusi Hangzhou sebagai mediator penggunaan organ yang sudah sesuai dengan Principles on Human Cell, Tissue and Organ Transplantation dan dilakukan secara transparan melalui database. Penelitian ini akan menjabarkan bagaimana efektivitas Resolusi Hangzhou dalam menanggulangi perdagangan organ di Tiongkok.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Perdagangan Organ, Transplantasi organ, PKT, KMT, Principles on Human Cell, Tissue and Organ Transplantation, Tiongkok, database.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Divisions: Program Studi Hubungan Internasional
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:56
Last Modified: 27 Jan 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27516

Actions (login required)

View Item View Item