PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMAINAN MPA’A GOPA UNTUK KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV TAHUN AJARAN 2021/2022

RISKA, RAHMAWATI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL PEMAINAN MPA’A GOPA UNTUK KETERAMPILAN BERBAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV TAHUN AJARAN 2021/2022. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RISKA RAHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah mengembangkan permainan kearifal lokal Mpa’a Gopa yang efektif dan valid digunakan sekolah dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian dan Pengembangan Research and Development (R&D). Hasil penelitian pengembangan Permainan Mpa’a Gopa : a) Penilaian keseluruhan aspek oleh validator ahli materi dengan ratarata jumlah skor dari keseluruhan aspek yaitu 77 sehingga termasuk dalam kategori layak dengan rerata skor 4,52. Penilaian keseluruhuan aspek oleh validator ahli media dengan rata-rata jumlah skor dari keseluruhan aspek yang dinilai yaitu 39 sehingga termasuk dalam kategori layak dengan rerata skor 4,33 karena memiliki unsur kearifal lokal yang padukan dengan bahan dan alat yang felksibel. b) Kearifal lokal berbasis permainan Mpa’a Gopa layak digunakan pada konteks pembelajaran tematik khususnya materi bahasa indonesia bercerita di kelas IV SDN 1 DENA dengan metode permainan yang mudah dimainkan. Hal itu didasarkan pada penilaian keseluruhan aspek respon siswa dengan rata-rata jumlah skor dari keseluruhan aspek yaitu 42,5 termasuk dalam kategori sangat layak dengan rerata skor 2,82. c) Keefektifan produk kearifal lokal berbasis Permainan Mpa’a Gopa efektif digunakan dengan adanya pedoman, langkahlangkah, dan aturan permainan. Hal ini berdasarkan lebih dari setengah siswa yaitu 16 dari 30 siswa mengalami peningkatan keterampilan berbahasa.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci : pengembangan, Kearifan lokal, Permainan Mpa’a Gopa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 03:56
Last Modified: 27 Jan 2022 03:56
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27523

Actions (login required)

View Item View Item