THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN DEVELOPING STUDENTS’ ENGLISH COMMUNICATIVE COMPETENCE: A CASE STUDY AT SMAN 2 PUJUT IN THE ACADEMIC YEAR 2021/2022

NELYSKA, NISYANA F (2022) THE ROLE OF SOCIAL MEDIA IN DEVELOPING STUDENTS’ ENGLISH COMMUNICATIVE COMPETENCE: A CASE STUDY AT SMAN 2 PUJUT IN THE ACADEMIC YEAR 2021/2022. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
NELYSKA NISYANA F, THESIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) berdampak pada banyak aspek kehidupan. Salah satu contoh perkembangan TIK adalah penerapan pembelajaran online yang dibuktikan dengan penggunaan platform media sosial dengan berbagai tujuan, salah satunya untuk mengembangkan kemampuan komunikatif Bahasa Inggris siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi frekuensi siswa di media sosial untuk belajar Bahasa Inggris, untuk mengeksplorasi kemampuan Bahasa Inggris siswa yang berkembang, dan untuk mengeksplorasi strategi siswa untuk meningkatkan bahasa Inggris dengan menggunakan media sosial. Peserta ialah siswa kelas 11 semester pertama yang terdiri dari 35 siswa. Untuk mengumpulkan data, penelitian kualitatif ini menggunakan kuesioner dan wawancara. Berdasarkan data, ada tiga hasil. Pertama, frekuensi siswa dalam menggunakan media sosial adalah satu jam dengan memanfaatkan video dan lagu di YouTube. Kedua, kemampuan bahasa Inggris siswa yang sudah berkembang dapat ditingkatkan dengan pemanfaatan media sosial antara lain; membaca, mendengarkan, menulis, dan berbicara. Terakhir, mereka belajar bahasa Inggris melalui media sosial dengan mendengarkan dan membaca konten video dengan subtitle, lagu, dan lain-lain. Dengan demikian, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media sosial memiliki peran penting dalam pengembangan kompetensi komunikatif bahasa Inggris siswa.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Pembelajaran Online, Media Sosial, kompetensi komunikatif bahasa Inggris.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:38
Last Modified: 27 Jan 2022 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27528

Actions (login required)

View Item View Item