TEACHER AGENTIC STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH DURING THE COVID 19 PANDEMIC: AN ETHNOGRAPHIC STUDY AT STATE MADRASAH INSAN CENDEKIA EAST LOMBOK

RATNA, KASIH (2022) TEACHER AGENTIC STRATEGIES IN TEACHING ENGLISH DURING THE COVID 19 PANDEMIC: AN ETHNOGRAPHIC STUDY AT STATE MADRASAH INSAN CENDEKIA EAST LOMBOK. S2 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
THESIS FULL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengeksplorasi guru guru Bahasa Inggris di Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia Lombok Timur terhadap kebijakan baru pemerintah mengenai sistem pembelajaran jarak jauh selama masa pandemi covid 19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui respon guru terhadap kebijakan pemerintah, mengetahui agensi apa yang bisa dilakukan guru terkait respon yang diberikan sebagai upaya dalam mengajarkan Bahasa inggris selama pandemi, bagaimana melakukan penilaian selama pandemi, dan bagaimana pendapat siswa terhadap agensi yang telah dilakukan guru selama pembelajaran jarak jauh tersebut. Teori Bao mengenai lima respon yang mungkin muncul sebagai respon terhadap lahirnya kebijakan baru telah digunakan sebagai landasan teori melakukan penelitian ini yakni: menolak (resistance), menyesuaikan (appropriation), melaksanakan (implementation), menerima (approval), dan meragukan (ambivalence). Penelitian ini dilaksanakan melalui Pendekatan etnografi secara kualitatif deskriptif. Berdasar hasil penelitian, diketahui bahwa guru berada diposisi menyesuaikan dan melaksanakan kebijakan tersebut dengan menerapkan agensinya di dalam pengajaran virtual Bahasa inggris. Strategi agensi guru dilakukan melalui dua media online: platform sekolah dan media sosial whatsapp. Faktanya, guru lebih menyukai penggunaan whatsapp sebagai media mengajar online dibandingkan dengan platform sekolah yang telah disediakan untuk membuat kelas virtual. Sesi penilaian secara online yang dirasakan sulit bagi guru dilakukan melalui CBT (test berbasis computer) dan pemberian proyek kepada siswa untuk dikerjakan tepat waktu. Siswapun membenarkan agensi yang telah dilakukan guru mereka selama pembelajaran online.

Item Type: Thesis (S2)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Agensi guru, Kebijakan, Pembelajaran online
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:38
Last Modified: 27 Jan 2022 07:38
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27530

Actions (login required)

View Item View Item