PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SDN GUGUS V MANGGELEWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021.

FAISAL, M. (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING BERBANTUAN MEDIA VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS IV SDN GUGUS V MANGGELEWA TAHUN PELAJARAN 2020/2021. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
skripsi FIX.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Model-model pembelajaran yang beragam dapat diterapkan dalam proses pembelajaran salah satunya yaitu model pembelajaran Reciprocal Teaching. Model pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar mandiri, kreatif, dan lebih aktif. Model pembelajaran Reciprocal Teaching menggunakan empat strategi yaitu, Question Generating, Clarifying, Predicting, dan Summarizing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Manggelewa dan SDN 19 Manggelewa pada kelas VI yang berjumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji One Way ANOVA dengan perhitungan SPSS 21.0 yang menunjukkan bahwa nilai signifikansi sebesar 0.000 ≤ 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Sehingga hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Visual terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Reciprocal Teaching, Media Visual, Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 27 Jan 2022 07:41
Last Modified: 27 Jan 2022 07:41
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27534

Actions (login required)

View Item View Item