MAKNA SEMBEQ DALAM PENGOBATAN TRADISIONAL SASAK DUSUN TERONG TAWAH LOMBOK BARAT: KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE

Nia, Tizahro (2022) MAKNA SEMBEQ DALAM PENGOBATAN TRADISIONAL SASAK DUSUN TERONG TAWAH LOMBOK BARAT: KAJIAN SEMIOTIKA CHARLES SANDERS PEIRCE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI NIA LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Sembeq merupakan salah satu ritual pengobatan tradisional Sasak dengan cara menempelkan sesuatu pada kening seseorang dengan cara dijampi kepada sesuatu yang akan ditempelkan atau ditiupkan ke air. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna sembeq dalam pengobatan tradisional Sasak Dusun Terong Tawah menggunakan teori semiotika C.S. Peirce. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif etnografi yang mengangkat tentang suatu kebudayaan atau tradisi dalam suatu wilayah yang masih diyakini sebagai alternatif pengobatan yang dirasa paling ampuh. Pada penelitian ini pengumpulan data dilakukan menggunakan metode dokumentasi, wawancara, teknik catat, dan teknik rekam kepada responden. Metode yang digunakan untuk menganalisis data untuk mengetahui makna sembeq dalam pengobatan tradisional Sasak Dusun Terong Tawah adalah menggunakan teori segitiga makna atau triangle meaning yang terdiri atas simbol, indeks, dan ikon. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini adalah terdapat lima jenis jampi yang digunakan dalam proses pengobatan yang dilakukan. Jenis jampi yang digunakan atau dibacakan akan disesuaikan dengan penyakit yang dirasakan oleh pasien baik disapa mahkluk halus (bakeq beraq) atau karena kelehan bekerja. Bahan baku yang harus ada dalam pengobatan ini adalah buah pinang dan daun sirih. Kedua bahan tersebut tidak bisa dipisahkan satu sama lain. Jampi yang dilakukan dalam proses sembeq ini memiliki makna yang mencerminkan kehidupan dan keadaan masyarat terkait dengan kebutuhan yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Serta makna jampi yang dibacakan merujuk pada kedekatan belian dengan sang Pencipta yaitu harapan dan doa belian atau masyarakat dan pasien selalu diberikan kesehatan, kebahaagiaan, serta kenyamanan.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Sembeq, Ritual, Semiotika, Kebudayaan, Jampi, Bakeq Beraq
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:28
Last Modified: 28 Jan 2022 07:28
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27535

Actions (login required)

View Item View Item