EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) DENGAN METODE ATC/DDD DI RSUD PROVINSI NTB TAHUN 2019

RIZKA, AMALIA (2022) EVALUASI PENGGUNAAN ANTIBIOTIK PADA PASIEN INFEKSI SALURAN KEMIH (ISK) DENGAN METODE ATC/DDD DI RSUD PROVINSI NTB TAHUN 2019. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI RIZKA AMALIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan masalah kesehatan yang besar jika dilihat dari proporsi populasi yang terinfeksi dengan angka kejadian ISK di Indonesia tahun 2018 berkisar antara 39-60%. Terapi utama ISK adalah antibiotik, dimana penggunaan antibiotik yang tidak tepat dapat menimbulkan resistensi antibiotik. Tujuan penelitian ini adalah melakukan evaluasi pola penggunaan antibiotik pada pasien ISK dengan metode ATC/DDD dan DU 90% di RSUD Provinsi NTB tahun 2019. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan desain cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 47 data rekam medis pasien terdiagnosa ISK dengan kode ICD X yaitu N39.0. Perhitungan kuantitas penggunaan antibiotik menggunakan metode ATC/DDD berdasarkan standar DDD WHO yang terdapat pada website WHO. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 14 jenis antibiotik yang digunakan pada pasien ISK, diantaranya meropenem, seftriakson, ampisilin, seftazidim, sefoperazon, sefotaksim, metronidazol, eritromisin, vankomisin, gentamisin, amikasin, siprofloksasin, levofloksasin, dan sefiksim. Nilai total DDD/100 Patient-days sebesar 51,26 dan antibiotik yang memiliki nilai DDD/100 patient-days tertinggi adalah seftriakson (19,78), yang mana juga menempati nilai tertinggi pada segmen DU 90%.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Katakunci : ISK, antibiotik, ATC/DDD, DU90%
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Program Studi Farmasi
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 28 Jan 2022 07:29
Last Modified: 28 Jan 2022 07:29
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27536

Actions (login required)

View Item View Item