PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK SMA

Nurul Iman, M. (2021) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MODEL GENERATIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF FISIKA PESERTA DIDIK SMA. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI M. NURUL IMAN (E1Q014025).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran berbasis model generatif yang layak untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik SMA. Penelitian ini termasuk ke dalam penelitian Research & Development (R&D) sesuai desain pengembangan dari 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini dilakukan hingga tahap ketiga yaitu tahap develop. Validasi dilakukan oleh 3 orang validator ahli dan 2 orang validator praktisi. Persentase rata-rata hasil uji validitas perangkat pembelajaran berupa silabus, rencana pelakasanaan pembelajaran, bahan ajar, lembar kerja peserta didik, dan instrumen penilaian kemampuan berpikir kreatif yaitu 82,50, 83,00, 83,64, 84,00, dan 83,75. Adapun persentase rata-rata hasil uji reliabilitas yaitu 95,65, 95,52, 98,40, 97,73, dan 96,31. Berdasarkan hasil tersebut, maka perangkat pembelajaran yang dikembangkan cukup valid dan reliabel sehingga layak untuk digunakan dengan sedikit revisi. Adapun untuk mengetahui manfaat ataupun keefektifan perangkat pembelajaran yang dikembangkan perlu dilakukan uji coba.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata kunci: Perangkat pembelajaran Fisika, Model Generatif, Kemampuan Berpikir Kreatif.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:51
Last Modified: 01 Feb 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27540

Actions (login required)

View Item View Item