KUALITAS NUTRIEN DEDAK PADI ASAL PENGGILINGAN PADI KELILING TERFERMENTASI Saccharomyces cerevisiae, EFFECTIVE MICROORGANISM-4 DAN SAUS BURGER PAKAN

DIDI, FARIADIN (2022) KUALITAS NUTRIEN DEDAK PADI ASAL PENGGILINGAN PADI KELILING TERFERMENTASI Saccharomyces cerevisiae, EFFECTIVE MICROORGANISM-4 DAN SAUS BURGER PAKAN. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI DIDI FARIADIN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (887kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan bahan kering, bahan organik, protein kasar, serat kasar dan lemak kasar dedak padi. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni 2021 di Laboratorium Ilmu Nutrisi dan Makanan Ternak Fakultas Peternakan Universitas Mataram. Penelitian ini menggunakan metode eksperimental dengan pola Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari 3 perlakuan (jenis inokulan) dan 3 ulangan. Variabel yang diamati dalam penelitian ini adalah sifat fisik dedak padi dan kandungan nutrien (bahan kering, bahan organik, protein kasar, serat kasar dan lemak kasar). Dalam penelitian ini menggunakan analisis sidik ragam dan diuji lanjut dengan uji Duncan’s. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan Sc, EM-4 dan SBP pada dedak padi berpengaruh nyata (P<0.05) terhadap kandungan bahan organik, protein kasar, serat kasar dan lemak kasar kecuali bahan kering. Ke tiga inokulan tersebut nyata meningkatkan kandungan bahan organik dan protein kasar tetapi menurunkan kandungan serat kasar dedak padi. Penggunaan inokulan Sc menurunkan kandungan lemak kasar dibandingkan penggunaan EM-4 dan SBP (2,61% vs 3,46% dan 4,66%). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan inokulan Sc memberikan hasil terbaik terhadap kualitas fisik dedak padi dibandingkan EM-4 dan SBP. Perlakuan EM-4 memberikan hasil terbaik terhadap peningkatan kualitas dedak padi dibandingkan SBP dan Sc.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Nutrien, Fermentor, Dedak Padi.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Divisions: Fakultas Peternakan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:51
Last Modified: 01 Feb 2022 23:51
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27542

Actions (login required)

View Item View Item