PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 4 SDN GUGUS 1 SAPE

ULUL, AZMI (2022) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL COOPERATIVE SCRIPT BERBANTUAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KETRAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS 4 SDN GUGUS 1 SAPE. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Keterampilan berbahasa terbagi menjadi 4 keterampilan utama yaitu, menyimak, berbicara, membaca dan menulis, dari ke 4 keterampilan ini terdapat satu keterampilan berbahasa yang urgen untuk di pelajari oleh manusia sejak dia masih dalam jenjang pendidikan dasar. Keterampilan yang di maksud adalah keterampilan berbicara. Dengan berbicara maka proses pertukaran informasi antar indivu atau individu ke kelompok akan berjalan dengan baik. Pada penelitian ini sendiri, peneliti berupaya untuk mencari tau pengaruh penerapan model cooperative script berbantuan media flash card terhadap keterampilan berbicara siswa kelas IV SDN Gugus 1 Sape. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian quasy eksperimental design tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV SDN Gugus 1 Sape, sedangkan sampel adalah peserta didik kelas IV SDN Impres 1 Dea Sape dengan jumlah peserta didik 22 orang dan SDN Impres Naru 1 Sape dengan jumlah peserta didik 22 orang. Dari sampel diperoleh data hasil pre-test (sebelum diberi perlakuan) dan post-test (setelah diberi perlakuan). Analisis data diawali dengan uji normalitas menggunakan rumus uji Shapiro-Wilk dengan taraf signifikansi >0.05 dan dilanjutkan dengan uji homogentias selanjutnya menguji hipotesis penelitian. Kemudian data hasil uji keterampilan berbicara siswa dianalisis dengan Uji Effect Size Cohen‟s D untuk mengetahui hipotesis penelitian, Dari hasil perhitungan tersebut diperoleh nilai effect size Cohen‟s D. sebesar 3,9858 lebih besar dari 1,00 sehingga dapat disimpulkan penerapan model cooperative tipe script berbantuan media flash card terhadap leterampilan berbicara siswa kelas IV Gugus 1 Sape memiliki tingkat kekuatan efek yang kuat.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Model Cooperative Script, Media Flash Card, Keterampilan Berbicara.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:52
Last Modified: 01 Feb 2022 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27549

Actions (login required)

View Item View Item