STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI DALAM INDUSTRI RUMAH TANGGA PADA UD. BANGKIT ALMADANI DI DESA RUMAK, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT

Martini, Hikmawati (2022) STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA ROTI DALAM INDUSTRI RUMAH TANGGA PADA UD. BANGKIT ALMADANI DI DESA RUMAK, KECAMATAN KEDIRI, KABUPATEN LOMBOK BARAT. S1 thesis, Universitas Mataram.

[img] Text
SKRIPSI MARTINI HIKMAWATI (C1G117061).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui besarnya biaya dan pendapatan usaha roti dalam industri rumah tangga pada UD. Bangkit Almadani di Desa Rumak, Kecamatan. Kediri, Kabupaten. Lombok Barat, (2) Mengetahui faktor internal dan eksternal yang dapat mempengaruhi pengembangan usaha roti dalam industri rumah tangga pada UD. Bangkit Almadani di Desa Rumak, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat, (3) Mengetahui alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan usaha roti dalam industri rumah tangga pada UD. Bangkit Almadani di Desa Rumak, Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif. Jenis data yang digunakan yaitu data kuantitatif dan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Analisis data yang digunakan adalah penerimaan, biaya, pendapatan, matriks SWOT, Diagram SWOT dan QSPM. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Total biaya produksi kelima produk roti pada agroindustri UD. Bangkit Almadani yaitu sebesar Rp 1.141.660 per proses produksi atau Rp 14.346.730 per bulan dengan enam puluh kali produksi. Dengan penerimaan sebesar Rp 1.500.000 per proses produksi atau Rp 17.640.000 per bulan. Sehingga pendapatan yang diperoleh oleh agroindustri UD. Bangkit Almadani yaitu sebesar Rp 328.340 per proses produksi atau Rp 3.293.370per bulan. (2) Faktor internal yang dapat mempengaruhi pengembangan agroindustri UD. Bangkit Almadani adalah ketersediaan bahan baku, memiliki surat izin usaha, memiliki berbagai varian rasa, produk tidak menggunakan bahan pengawet, memiliki pendidikan tinggi, daya tahan produk, pengemasan produk masih sederhana, lokasi kurang strategis dan permodalan yang lemah. Sedangkan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi pengembangan agroindustri UD. Bangkit Almadani adalah pangsa pasar masih luas, perkembangan teknologi informasi, pertumbuhan jumlah penduduk yang sangat cepat, daya beli masyarakat, bertambahnya jumlah pesaing, perubahan selera konsumen dan menurunnya jumlah produksi. (3) Alternatif strategi yang dapat diterapkan dalam mengembangkan agroindustri UD. Bangkit Almadani adalah memperkenalkan dan memperluas produk pada pasar baru dengan meningkatkan kuantitas produk, meningkatan mutu produk, memanfaatkan kemajuan teknologi informasi untuk mempromosikan produk, meningkatkan diversifikasi produk baru yang lebih diminati konsumen, membuat desain kemasan yang menarik yang lebih diminati konsumen dari produk sejenis lainya. Berdasarkan matriks QSPM diketahui nilai tertinggi adalah pada Alternatif 1 yaitu dengan menambah berbagai varian rasa pada roti dan memanfaatkan teknologi informasi dapat menguntungkan bagi pengusaha.

Item Type: Thesis (S1)
Keywords (Kata Kunci): Kata Kunci: Roti, Biaya, Penerimaan, Pendapatan, Analisis SWOT
Subjects: S Agriculture > SB Plant culture
Divisions: Fakultas Pertanian
Depositing User: Rini Trisnawati
Date Deposited: 01 Feb 2022 23:52
Last Modified: 01 Feb 2022 23:52
URI: http://eprints.unram.ac.id/id/eprint/27552

Actions (login required)

View Item View Item